Jakarta (ANTARA) - Rafael Nadal mengumumkan tidak akan berkompetisi di Wimbledon.

Hal itu diungkapkan Nadal melalui akun media sosial miliknya, Kamis. Petenis Spanyol tersebut menjelaskan bahwa Olimpiade yang dimainkan di tanah liat Roland Garros menjadi alasan ia mundur dari Grand Slam lapangan rumput itu.

Nadal terakhir bermain di Roland Garros kalah pada babak pertama dari petenis Jerman Alexander Zverev yang kemudian menjadi runner up French Open 2024.

"Selama konferensi pers pasca pertandingan di Roland Garros, saya ditanya tentang kalender musim panas saya dan sejak itu saya berlatih di lapangan tanah liat. Kemarin diumumkan bahwa saya akan bermain di Olimpiade musim panas di Paris, Olimpiade terakhir saya," tulis Nadal.

"Dengan tujuan ini, kami yakin yang terbaik untuk tubuh saya adalah tidak berpindah permukaan dan terus bermain di lapangan tanah liat sampai saat itu."

Baca juga: Nadal dan Alcaraz masuk tim tenis Spanyol untuk Olimpiade Paris 2024

"Karena alasan inilah saya akan merindukan bermain di Kejuaraan Wimbledon tahun ini. Saya sedih tidak dapat menjalani tahun ini dengan atmosfer luar biasa dari acara luar biasa yang akan selalu ada di hati saya, dan bersama seluruh warga Inggris, penggemar yang selalu memberiku dukungan besar. Saya akan merindukan kalian semua," ujar petenis berusia 38 tahun itu.

Dalam pengumuman yang sama, Nadal mengungkapkan bahwa dia telah menambahkan turnamen lain ke jadwalnya, yakni Nordea Open di Bastad.

"Untuk mempersiapkan Olimpiade, saya akan memainkan turnamen di Bastad, Swedia, sebuah turnamen yang saya mainkan di awal karier saya dan di mana saya bersenang-senang baik di dalam maupun di luar lapangan," ujar Nadal.

Baca juga: Nadal incar Olimpiade setelah kekalahan di French Open

Menurut catatan ATP, Nadal telah berkompetisi di Bastad tiga kali, terakhir ketika ia memenangi turnamen pada 2005.

Tahun itu ia meraih kemenangan melawan empat petenis yang mencapai Top 10 dunia, yaitu Juan Monaco, Juan Carlos Ferrero, Tommy Robredo dan Tomas Berdych.

Jannik Sinner yang baru saja meraih posisi teratas peringkat ATP juga dijadwalkan bermain di Bastad.

Baca juga: Juara di tiga Grand Slam, Alcaraz pesimis samai Nadal dan Djokovic

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2024