Jakarta (ANTARA) - Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) memberikan asistensi penguatan pengamanan pada kilang minyak Pertamina RU V Balikpapan, Kalimantan Timur, menjelang perayaan HUT Kemerdekaan RI di Ibu Kota Nusantara (IKN) yang berada di provinsi tersebut.

Kepala Sub Direktorat Pengamanan Objek Vital dan Transportasi BNPT Kolonel (Cpl) Sigit Karyadi mengatakan bahwa kilang tersebut menjadi salah satu objek vital yang menjadi sasaran upaya pengamanan.

"Harapannya, kegiatan asistensi pada kilang RU V Balikpapan mampu menghasilkan koordinasi dan pengamanan yang optimal untuk mendukung persiapan jelang peringatan HUT RI di IKN," kata dia saat meninjau lokasi kilang di Balikpapan pada Selasa (11/6), seperti dikutip dalam keterangan resmi BNPT.

Peninjauan tersebut dilakukan untuk memeriksa sistem keamanan PT Kilang Pertamina Internasional Refinery Unit (RU) V sebagai bagian dari asistensi penguatan pengamanan objek vital.

Binsar Butarbutar, Manager Health, Safety, Security, Environment (HSE) pada anak perusahaan Pertamina itu, mengatakan dirinya menyambut baik asistensi pengamanan oleh BNPT.

Da mengungkapkan bahwa pihaknya sudah menyiapkan rencana pengamanan di dalam dan di luar kilang.

Binsar mengaku yakin bahwa asistensi pengamanan dari BNPT akan membuat kilang dapat beroperasi secara aman sehingga pasokan energi di Kalimantan Timur selama perayaan HUT Kemerdekaan RI bisa terpenuhi dengan baik.

Baca juga: Presiden ungkap alasan upacara HUT Ke-79 RI digelar di IKN dan Jakarta
Baca juga: BPIP: Peserta upacara HUT RI di IKN dibatasi, hanya tamu undangan

Pewarta: Agatha Olivia Victoria
Editor: Anton Santoso
Copyright © ANTARA 2024