Jakarta (ANTARA) - Berikut rangkuman berita humaniora populer di Indonesia kemarin (Kamis, 13/6), mulai dari Perubahan Undang-undang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistem (UU KSDAHE) hingga, penelitian jalur sesar kompleks di Pulau Jawa.


1. Menteri LHK sebut perubahan UU KSDAHE sesuaikan kondisi saat ini

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya mengatakan perubahan Undang-Undang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya (UU KSDAHE) yang sudah berusia lebih dari 30 tahun dibutuhkan untuk mengikuti kondisi relevan saat ini.

Siti mengatakan perkembangan populasi manusia, kemajuan teknologi serta kondisi sosial budaya saat ini berdampak kepada kebutuhan sumber daya alam baik dalam bentuk materi hayati maupun nonhayati.

Simak selengkapnya di sini:


2. Tim SAR evakuasi balita WNA terjatuh di kapal pinisi

Tim pencarian dan penyelamatan (SAR) gabungan mengevakuasi seorang balita warga negara asing (WNA) yang mengalami luka di bagian kepala setelah terjatuh di kapal pinisi saat berlayar di perairan Kampung Komodo, Kawasan Taman Nasional Komodo (TNK), Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Kepala Kantor Basarnas Maumere Supriyanto Ridwan mengatakan korban merupakan balita laki-laki asal Selandia Baru berinisial LJR (4).

Simak selengkapnya di sini:

 

3. Institut Teknologi Bandung catatkan nilai rata-rata UTBK SNBT tertinggi nasional 2024

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) mengumumkan perguruan tinggi negeri (PTN) dengan rerata nilai Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (UTBK SNBT) 2024 tertinggi diperoleh oleh Institut Teknologi Bandung (ITB).

Kepala Biro Komunikasi dan Hubungan Masyarakat ITB Naomi Haswanto mengungkapkan bahwa peserta dengan nilai UTBK tertinggi di ITB, meraih skor 855,56 dan memilih Sekolah Teknik Elektro dan Informatika (STEI) Komputasi

Simak selengkapnya di sini:


4. Kemenkes soroti 65 persen anak usia sekolah tak sarapan

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI menyoroti adanya temuan yang mengungkapkan sebanyak 65 persen anak usia sekolah di Indonesia yang tidak sarapan.

Direktur Gizi dan Kesehatan Ibu dan Anak Kemenkes RI Lovely Daisy mengatakan kebiasaan tersebut merupakan hal yang tidak baik, karena 25 persen energi harian harus terpenuhi dari sarapan.

Simak selengkapnya di sini:


5. BRIN teliti jalur sesar kompleks yang membentang di Pulau Jawa

Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) mengungkapkan telah meneliti Sesar Baribis dan Sesar Kendeng yang memanjang dari barat hingga timur dan ada di bagian belakang atau utara busur vulkanik Pulau Jawa.

Peneliti Pusat Riset Kebencanaan Geologi BRIN Sonny Aribowo mengatakan kedua sesar itu sebuah sistem sesar yang kompleks dan besar yang disebut Java Back-arc Thrust. Ada indikasi sistem sesar itu juga melalui daerah selatan Jakarta yang berbatasan dengan Depok, dan di daerah Bogor, Jawa Barat.

Simak selengkapnya di sini:
 

Pewarta: M. Riezko Bima Elko Prasetyo
Editor: Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024