Jakarta (ANTARA) - Spotify telah meluncurkan fitur baru bernama My Spotify yang bertujuan untuk membuat pengalaman pemutaran lagu pengguna di platform tersebut semakin dipersonalisasi.

Melansir laporan Engadget, Selasa (11/6), fitur My Spotify akan menampilkan banner di halaman beranda dan pesan yang berisi informasi tentang kebiasaan pengguna dalam mendengarkan lagu, bersama dengan tautan ke daftar putar lagu sesuai dengan kebiasaan tersebut.

Misalnya, Spotify menampilkan banner khusus kepada pengguna yang menautkan Doja Cat ke daftar putar karena dia telah mendengarkan lagu-lagu rapper tersebut sebanyak 58 kali dalam sebulan terakhir. Contoh lainnya, Spotify menampilkan banner kepada pengguna yang menautkan ke daftar putar DJ dari lagu "Go Gina".

Baca juga: Spotify sediakan Creative Lab untuk dukung kampanye pemasaran

Tampilan banner atau pesan My Spotify juga bisa menautkan ke hub Made For You, di mana pengguna dapat menemukan daftar putar, podcast, fitur, dan rekomendasi yang dipersonalisasi berdasarkan aktivitas mereka di aplikasi.

Fitur My Spotify menjadi layanan Spotify dalam menyajikan data kebiasaan pengguna saat mendengarkan lagu di platform tersebut sepanjang tahun, selain lewat fitur Wrapped yang sudah ada sebelumnya.

Meskipun begitu, kedua fitur adalah berbeda. Spotify Wrapped hanya tersedia menjelang penutupan tahun dan biasanya unggahan tentang Wrapped mendominasi media sosial ketika diluncurkan.

Belum bisa dipastikan apakah pengguna dapat membagikan pesan dan banner My Spotify mereka di jejaring sosial.

Sebagai permulaan, Spotify juga baru meluncurkan fitur ini di beberapa negara antara lain Amerika Serikat, Kanada, Inggris, Irlandia, Australia, dan Selandia Baru dalam beberapa pekan mendatang.

Baca juga: Video podcast semakin diminati menurut Spotify

Baca juga: TikTok Music sudah tersedia di Indonesia, apa keunggulannya?

Baca juga: Langit Musik hadirkan tampilan "Pop Lokal"

Penerjemah: Farhan Arda Nugraha
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2024