Jakarta (ANTARA) - WhatsApp memperbarui pengalaman panggilan video di seluruh perangkat dengan memperkenalkan fitur berbagi layar dengan dukungan audio dan sorotan speaker baru serta meningkatkan batas peserta panggilan video.

Siaran TechCrunch pada Kamis (13/6) menyebutkan, WhatsApp pada Agustus tahun lalu memperkenalkan dukungan berbagi layar untuk panggilan video dan sekarang meningkatkan fitur dengan mengaktifkan dukungan berbagi audio.

Peningkatan itu memungkinkan pengguna menonton video bersama kontak dalam panggilan WhatsApp.

Pembaruan penting lain yang dilakukan WhatsApp pada fitur panggilan videonya adalah perluasan batas yang memungkinkan pengguna melakukan satu panggilan video dengan sampai 32 orang di seluruh perangkat.

Sebelumnya, WhatsApp memiliki batasan 32 peserta di perangkat seluler, sementara pengguna di Windows dan macOS masing-masing dapat menambahkan berturut-turut 16 dan delapan peserta.

Perluasan dukungan panggilan video WhatsApp di seluruh perangkat sejalan dengan FaceTime Apple, yang juga memungkinkan pengguna iPhone dan iPad memiliki hingga 32 peserta dalam panggilan video.

Namun, Google Meet dan Zoom memungkinkan pengguna memiliki hingga 100 orang dalam panggilan video bahkan dalam tingkat dasar.

Baca juga: WhatsApp uji fitur peringkat pembaruan status
Baca juga: WhatsApp bagikan lima kiat jaga privasi chat

Pembaruan terkini pada WhatsApp juga menghadirkan sorotan otomatis pada peserta yang sedang berbicara dalam panggilan video dan menjadikannya muncul pertama di layar.

Selain itu, induk WhatsApp, Meta, memperkenalkan kodek Meta Low Bitrate (MLow) di WhatsApp untuk meningkatkan keandalan panggilan meski pengguna memiliki konektivitas jaringan buruk atau menggunakan perangkat lama.

Ini merupakan peningkatan signifikan pada kodek sumber terbuka Opus, yang sebelumnya digunakan Meta di seluruh produk komunikasi real-time.

Kodek berpemilik ini dinilai memberikan kualitas audio dua kali lipat dari Opus bahkan dengan kompleksitas komputasi 10 persen lebih rendah dibandingkan kodek sumber terbuka.

MLow sudah tersedia di panggilan Instagram dan Messenger dan kini diluncurkan di WhatsApp untuk meningkatkan pengalaman panggilan di seluruh platform Meta.

Bersamaan dengan MLow, WhatsApp menyampaikan dalam sebuah postingan blog bahwa mereka akan meluncurkan semua pembaruan terkait panggilan terbaru untuk semua pengguna yang memenuhi syarat selama beberapa minggu ke depan.

​​​​​​​Baca juga: LINE sediakan fitur baru Folder Obrolan
Baca juga: Layanan pesan instan ICQ dihentikan mulai akhir Juni

 

Penerjemah: Fathur Rochman
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2024