Kami optimistis produk-produk unggulan dari 12 UKM terpilih ini akan menarik minat para pembeli di Korea Selatan dan dapat meningkatkan ekspor produk makanan dan minuman Indonesia.
Jakarta (ANTARA) - PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) melalui BNI Xpora memberangkatkan 12 pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) makanan dan minuman (food and beverage/F&B) dalam negeri untuk mengikuti pameran "Indonesia in Korea - Seoul Food & Hotel (SFH) 2024".

Direktur Retail Banking BNI Corina Leyla Karnalies mengatakan, keikutsertaan 12 UKM dalam "SFH 2024" ini merupakan komitmen BNI untuk mendukung UKM Indonesia dalam meningkatkan daya saing dan menembus pasar internasional, khususnya Korea Selatan yang memiliki potensi besar.

"Kami optimistis produk-produk unggulan dari 12 UKM terpilih ini akan menarik minat para pembeli di Korea Selatan dan dapat meningkatkan ekspor produk makanan dan minuman Indonesia," kata Corina melalui keterangan tertulisnya di Jakarta, Jumat.

Baca juga: BNI gelar forum untuk UMKM eksportir di Bandung

SFH merupakan pameran makanan terbesar di Korea Selatan yang menjadi platform strategis bagi para UKM Indonesia untuk menjangkau pasar global. Pameran ini menawarkan layanan business matching untuk menghubungkan peserta pameran asing dengan pembeli lokal, sehingga membuka peluang komersial dan akses pasar Korea Selatan bagi para UKM.

Diselenggarakan di Kintex, Seoul, Korea Selatan, mulai 11-14 Juni 2024, SFH dipandang menjadi wadah ideal bagi para profesional global dan pelaku industri food and beverage (F&B) untuk menjalin koneksi dan peluang bisnis.

Dalam pameran ini, BNI bekerja sama dengan Bank Indonesia (BI), Kementerian Luar Negeri (KBRI Seoul), dan Kementerian Perdagangan (ITPC dan Atase Perdagangan Seoul) untuk menghadirkan "Indonesia Pavilion" di Hall 4.

Tak hanya UKM BNI, paviliun ini juga membuka akses bagi BI, Kemenlu, dan Atdag kepada importir, distributor, pelaku bisnis perhotelan, pemilik restoran, dan retailer Korea Selatan yang mencari produk makanan dan minuman, produk perhotelan dan jasa makanan, serta bahan-bahan makanan.

Baca juga: BNI: Pembiayaan ke sektor energi telah sesuai dengan penerapan RAC

Produk-produk yang diberangkatkan BNI Xpora telah melalui kurasi ketat oleh Atase Perdagangan Seoul dan kurator lokal untuk memastikan kesesuaian dengan pasar Korea Selatan. Sebanyak 12 UKM terpilih itu menghadirkan produk camilan keripik, camilan manis, kacang-kacangan, rempah, makanan kaleng, olahan ikan, olahan buah, dan olahan kelapa.

Kuasa Usaha Ad Interim KBRI Seoul Zelda Wulan Kartika mengatakan, UKM melalui "SFH 2024" dapat memperkenalkan produk makanan dan minuman unggulan ke mancanegara dan meningkatkan transaksi internasionalnya. Selain itu, juga diharapkan dapat meningkatkan volume transaksi ekspor ke Korea Selatan dan negara-negara lainnya.

"Partisipasi dalam 'SFH 2024' merupakan wujud sinergi dan komitmen BNI, KBRI Seoul, Kementerian Perdagangan, dan Bank Indonesia untuk meningkatkan ekspor nasional. KBRI Seoul siap mendukung penuh upaya BNI dan BNI Xpora dalam mendorong ekspor produk Indonesia ke Korea Selatan," kata Zelda.

Setelah mengikuti pameran "Indonesia in Korea - SFH 2024", BNI Xpora akan melanjutkan rangkaian keikutsertaannya di berbagai pameran internasional lain untuk mendukung UKM Indonesia go global.

Sebelumnya, BNI juga telah sukses menggelar "Indonesia In SG" di Singapura pada April 2024, berkolaborasi dengan KBRI Singapura dan Kementerian Perdagangan melalui Kantor Atase Perdagangan Singapura.

Pewarta: Rizka Khaerunnisa
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2024