Beroperasinya kembali KA Mutiara Timur tidak terlepas dari animo pelanggan yang tinggi selama KA itu beroperasi
Jember, Jawa Timur (ANTARA) - PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 9 Jember mengoperasikan kembali KA Mutiara Timur rute Stasiun Ketapang-Surabaya Pasar Turi saat libur Idul Adha 1445 Hijriah mulai dari 15-18 Juni 2024.

"Beroperasinya kembali KA Mutiara Timur tidak terlepas dari animo pelanggan yang tinggi selama KA itu beroperasi dan mengantisipasi lonjakan penumpang selama libur Idul Adha," kata Manajer Hukum dan Humas KAI Daop 9 Cahyo Widiantoro di Jember, Jatim, Jumat.

Selama libur Idul Adha, lanjut dia, KA Mutiara Timur akan beroperasi dengan membawa rangkaian dua kereta kelas eksekutif, lima kereta kelas ekonomi new generation, satu kereta makan, dan satu kereta pembangkit dengan total kapasitas yang tersedia sebanyak 456 tempat duduk.

"Kami juga menambah kapasitas tempat duduk di sejumlah KA untuk mengantisipasi meningkatnya animo masyarakat yang menggunakan kereta api selama libur Idul Adha," tuturnya.

Ia menjelaskan KAI Daop 9 Jember menambah kapasitas tempat duduk dengan menambahkan satu kereta kelas eksekutif pada rangkaian KA Wijayakusuma dan KA Ranggajati serta kereta kelas bisnis pada rangkaian KA Logawa.

"Kereta tambahan pada KA Wijayakusuma dan KA Logawa tersedia pada hari Jumat-Selasa yakni pada 14-18 Juni 2024, sedangkan tambahan pada KA Ranggajati tersedia hari Sabtu (15/6/2024) dan Senin (17/6/2024)," katanya.

Dengan beroperasinya KA Mutiara Timur dan tambahan kereta pada KA Ranggajati, KA Wijayakusuma dan KA Logawa membuat kapasitas yang tersedia selama lima hari libur Idul Adha mulai 14-18 Juni 2024 di Daop 9 Jember menjadi 39.460 tempat duduk.

"Jumlah tersebut berasal dari 22 perjalanan kereta api yang dioperasikan oleh Daop 9 Jember, baik KA jarak jauh maupun KA lokal. Kami mengimbau para penumpang untuk memesan tiket kereta api jauh-jauh hari, sehingga dapat memilih kereta api dan tanggal keberangkatan yang diinginkan," ujarnya.

Hingga Kamis (13/6/2024) tercatat sebanyak 3.301 tiket telah dipesan oleh para penumpang untuk bepergian dengan menggunakan kereta api untuk keberangkatan hari Jumat (14/6/2024) hingga Selasa (18/6/2024) dari wilayah Daop 9 Jember menuju beberapa kota tujuan seperti Surabaya, Malang, Yogyakarta dan Jakarta.

KAI Daop 9 Jember mengimbau bagi masyarakat apabila tiket pada tanggal keberangkatan maupun KA yang diinginkan telah habis, dapat menggunakan KA yang lain atau memanfaatkan fitur connecting train yang tersedia pada aplikasi Access by KAI.

Baca juga: Daop 8 operasikan "New Generation" di KA Mutiara Timur
Baca juga: Daop Jember operasikan kembali KA Mutiata Timur jelang Lebaran
Baca juga: KA Mutiara Timur beroperasi kembali di akhir pekan

Pewarta: Zumrotun Solichah
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2024