Nay Pyi Taw, Myanmar (ANTARA) - Pusat Pengendalian Penyakit (Center for Disease Control/CDC) dan Pusat Pelatihan Medis Nasional Myanmar yang dibangun dengan bantuan pemerintah China secara resmi diserahkan kepada Myanmar pada Kamis (13/6).

Duta Besar China untuk Myanmar Chen Hai dalam upacara serah terima bangunan tersebut mengucapkan selamat atas penyelesaian pembangunan dan penyerahan proyek tersebut.

Dia mengatakan CDC Nasional Myanmar yang dibantu China tersebut merupakan proyek penting dalam kerja sama persahabatan antara China-Myanmar. Selain itu, CDC Nasional Myanmar merupakan proyek bantuan terbesar dari China untuk Myanmar dalam beberapa tahun terakhir.

Chen mengatakan bahwa China dan Myanmar selalu memahami dan menghormati satu sama lain.

Menurut dia, China menganut konsep pembangunan yang berpusat pada rakyat dan akan terus mematuhi kebijakan persahabatan terhadap Myanmar demi seluruh rakyat Myanmar, memperkuat rasa saling percaya dari segi politik dengan Myanmar, serta memperdalam kerja sama praktis untuk menjamin bahwa kerja sama yang bersahabat antara kedua negara semakin bermanfaat bagi kedua rakyat.

Atas nama pemerintah Myanmar, Sekretaris Dewan Administrasi Negara Myanmar Letnan Jenderal Aung Lin Dwe mengucapkan terima kasih kepada China atas proyek CDC tersebut.

"Dengan upaya bersama dari kedua negara, proyek CDC yang dibantu oleh China tersebut telah membantu kapasitas kesehatan nasional Myanmar untuk memenuhi standar internasional dan secara efektif meningkatkan kemampuan Myanmar untuk merespons berbagai tantangan kesehatan masyarakat," katanya.

Menurut dia, Myanmar akan menjaga dan mengoperasikan pusat tersebut dengan baik serta memaksimalkan perannya dalam respons darurat, pelatihan, dan penelitian ilmiah, kata Aung Lin Dwe.

Jenderal Aung Lin Dwe mengatakan bahwa Myanmar bersedia untuk semakin memperdalam kemitraan kerja sama strategis komprehensif dengan China dan bersama-sama membangun komunitas Myanmar-China dengan masa depan bersama.

Di CDC dan Pusat Pelatihan Medis Nasional Myanmar yang dibantu oleh China tersebut, yang membentang di area seluas 40.000 meter persegi dan area konstruksi seluas 18.000 meter persegi, terdapat pula satu-satunya laboratorium keamanan hayati level 3 di Myanmar.
 

Pewarta: Xinhua
Editor: Imam Budilaksono
Copyright © ANTARA 2024