Jakarta (ANTARA) -
Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Timur meraih penghargaan Museum Rekor Indonesia (MURI) karena mengadakan bazar UMKM serentak dengan peserta terbanyak mencapai 2.166 UMKM.
 
Penghargaan MURI itu diberikan Direktur Operasional MURI Yusuf Ngadri kepada Pemkot Jaktim yang diwakili oleh Wali Kota Jaktim M Anwar di Kantor Wali Kota Jaktim, Jumat.
 
"Piagam rekor dunia MURI nomor 11681/R.Muri/VI/2024 dicatatkan atas rekor bazar UMKM secara serentak dengan peserta terbanyak dipersembahkan kepada Wali Kota Jakarta Timur M Anwar," kata Yusuf.
 
Menurut dia, penyelenggara bazar serentak itu diikuti oleh 2.166 peserta yang tersebar di beberapa titik Jakarta Timur.
 
"Kota Jakarta Timur mengadakan bazar serentak yang kali ini diikuti tidak kurang dari 68 titik, kelurahan, kecamatan dan mall di Jakarta Timur dengan partisipan sebanyak 2.166 peserta dari 6 UPD pengampu dan PKK," paparnya.

Baca juga: DKI tingkatkan penggunaan produk dalam negeri
 
Adanya bazar yang dikemas sebagai pesta rakyat ini diharapkan mampu menggerakkan roda perekonomian para pelakunya.
 
"Kota administrasi Jakarta Timur diharapkan menjadi implementasi dari pelatihan-pelatihan UMKM untuk menghadapi era global yang mampu bersaing di pasar," ujar Yusuf.

MURI juga memberikan penghargaan kepada Pemprov DKI Jakarta yang juga mendukung, membackup dan kepala daerah di Jakarta ini untuk selalu berlomba memberikan yang terbaik untuk UMKM.
Wali Kota Jaktim M Anwar saat memberikan keterangan pers terkait penghargaan MURI di Kantor Wali Kota Jaktim, Jumat (14/6/2024). Pemkot Jaktim meraih rekor MURI dengan menggelar bazar UMKM serentak dengan peserta terbanyak mencapai 2.166 UMKM. ANTARA/Syaiful Hakim

Sementara itu, Wali Kota Jaktim M Anwar mengucapkan terima kasih kepada MURI yang telah memberikan penghargaan kepada Pemkot Jaktim.
 
"Tentunya ini salah satu upaya kita bersama. Saya tak bisa bekerja sendiri tanpa kalian dan para pengusaha, khususnya UMKM," kata Anwar.

Baca juga: Transaksi di JaKreatiFest 2024 mencapai Rp13 miliar
 
Dia menjelaskan pelaksanaan bazar ini merupakan wujud nyata peningkatan ekonomi kerakyatan serta rasa cinta terhadap produk dalam negeri.
 
Selain bazar dalam rangkaian peringatan HUT DKI Jakarta ini pihaknya juga mengadakan lomba "stand up" komedi dan memasak.
 
"Bazar dalam rangka HUT ke-497 Jakarta dilaksanakan dengan tujuan memperkenalkan produk kreatif UMKM binaan Jakarta Entrepreneur dan mendorong peningkatan penggunaan produk dalam negeri (P3DN) dan gerakan nasional bangga buatan Indonesia (Gernas BBI). Tentunya kita harus selalu memberikan kesempatan para pelaku usaha UMKM," ujarnya.
 
Anwar juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung dan menyukseskan acara ini.

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2024