Jakarta (ANTARA) - Perusahaan telekomunikasi milik BUMN Telkom, Telkomsel, membawa fitur "Live Streaming" pada platform Dunia Games miliknya dengan tujuan meningkatkan pengalaman interaktif bagi para gamer pengguna platform tersebut.

Platform yang dikembangkan untuk mendukung pertumbuhan ekosistem gim di Indonesia itu menghadirkan fitur "Live Streaming" baik pada aplikasi versi website maupun melalui aplikasi untuk ponsel pintar.

"Kami sangat antusias dengan peluncuran fitur Live Streaming di platform Dunia Games. Ini merupakan bukti nyata komitmen dan semangat Telkomsel yang selaras dengan semangat Indonesia untuk menggerakkan kemajuan bangsa dengan mendukung perkembangan industri gaming dan esports di Indonesia," kata Vice President Digital Lifestyle Telkomsel Nirwan Lesmana dalam keterangannya, Kamis (13/6).

Baca juga: Telkomsel Dunia Games gelar turnamen DG WIB Community Cup 2024

Platform Dunia Games yang dibesut Telkomsel sengaja dihadirkan berkaca dari potensi besar yang mampu mendorong pertumbuhan ekonomi kreatif Indonesia di masa depan.

Dalam laporan "Outlook Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia 2023/2024" tercatat bahwa Indonesia merupakan pasar mobile game terbesar ketiga dengan total transaksi mencapai Rp 5,6 triliun.

Pasar mobile gaming ini diproyeksikan mengalami pertumbuhan revenue sebesar 1,08 persen pada 2024 dengan total pengguna mobile gaming mencapai 68,03 juta orang.

Baca juga: Telkomsel gelar "DG Con 2022" perkuat ekosistem game

Fitur Live Streaming yang dihadirkan lewat Dunia Games pada versi website dan aplikasi Android memiliki berbagai keunggulan, antara lain adalah fitur All Play yang memungkinkan setiap pengguna Dunia Games dapat melakukan streaming di platform.

Lalu ada Streaming Multi-Platform yang memungkinkan pengguna melakukan streaming di website Dunia Games dan aplikasi Android, serta dapat ditonton oleh penontonnya melalui website, web seluler, dan aplikasi Android.

Ada juga Share Screen yang memungkinkan para streamer melakukan streaming dari ponsel atau live show, lalu ada Playback yang memungkinkan live stream direkam dan dapat ditonton kembali, memberikan fleksibilitas kepada penonton untuk menikmati ulang streaming kapan saja sesuai keinginan mereka.

Baca juga: Telkomsel luncurkan inisiatif untuk dukung talenta 'Esport'

Selain itu ada juga fitur Interaction yang memungkinkan penonton mengirim stiker sebagai Gifting hingga memberikan komentar, suka, atau mengikuti akun para streamer sebagai bentuk dukungan; serta Earning yang mendukung para streamer mendapatkan penghasilan dari stiker yang dapat ditransfer ke akun LinkAja.

Dunia Games Telkomsel merupakan games platform dan portal media esports terdepan di Indonesia dengan lebih dari 19 juta pengunjung setiap bulannya. Selain menyajikan informasi terkini dan menarik tentang games, industri gaming, esports, tech, movie, dan pop culture, Dunia Games juga melayani pembelian voucher untuk PC games dan mobile games dengan berbagai metode pembayaran.

Baca juga: Sandiaga apresiasi anak Bangsa hasilkan 126 gim di Global Game Jam

Dengan demikian pengguna bisa lebih mudah menikmati game favorit mereka lewat Dunia Games yang juga telah menggelar lebih dari 100.000 event esports (online dan offline) di seluruh Indonesia.

“Melalui hadirnya platform Dunia Games versi terbaru, Telkomsel semakin mendukung kemajuan industri gaming dan esports dengan membangun komunitas games, menyediakan hiburan digital, menciptakan kesempatan monetisasi bagi pemilik platform maupun pegiat esports, menyediakan beragam konten edukasi, serta meningkatkan interaksi sosial antara pegiat games,” tutup Nirwan. 

Baca juga: PB ESI nilai Generasi Top Series mampu jadi wadah talenta-talenta baru

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2024