Banten (ANTARA) – Bea Cukai mendukung pelaksanaan Indonesia Building Technology Expo di International Convention Exhibition (ICE) BSD, Tangerang. Pameran bahan bangunan berskala internasional ini digelar selama lima hari pada 12-16 Juni 2024. IndoBuildTech Expo merupakan agenda tahunan yang diselenggarakan oleh PT Debindo International Trade and Exhibitions. 

Direktorat Jenderal Bea dan Cukai, melalui Kantor Wilayah (Kanwil) Bea Cukai Banten, memberikan dukungan terhadap penyelenggaraan pameran melalui fasilitas kepabeanan. Fasilitas tersebut memberikan kemudahan bagi penyelenggara berbentuk penangguhan bea masuk dan pembebasan pajak dalam rangka impor barang yang akan dipamerkan. 
 
Pasalnya, pelaksanaan IndoBuildTech 2024 yang dikelola oleh PT Indonesia International Expo (IIE) berstatus sebagai tempat penyelenggaraan pameran berikat (TPPB) di bawah pengawasan Kanwil Bea Cukai Banten. TPPB adalah fasilitas yang memungkinkan penimbunan barang impor dengan tujuan untuk dipamerkan tanpa dikenakan bea masuk dan pajak dalam jangka waktu tertentu.

Kepala Kanwil Bea Cukai Banten, Rahmat Subagio, mengatakan bahwa pengusaha TPPB harus mengajukan izin penyelenggaraan pameran dengan melampirkan rencana jenis dan jumlah barang yang akan dipamerkan. Ia menambahkan, fasilitas yang diberikan diharapkan dapat memudahkan operasional pameran. Fasilitas ini mencakup kemudahan pelayanan perizinan dan pemeriksaan pabean yang dilakukan secara selektif berdasarkan manajemen risiko.

“Bea Cukai, khususnya Kanwil Bea Cukai Banten, terus berkomitmen memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat dan pengguna jasa. Dengan pameran ini, diharapkan fasilitas yang diberikan dapat meningkatkan promosi industri dalam negeri dan menarik minat masyarakat terhadap pameran internasional,” ujar Rahmat.

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2024