Jakarta (ANTARA) - Mantan gelandang AC Milan dan Hertha Berlin Kevin-Prince Boateng resmi ditunjuk sebagai Berlin Ambassador seiring perhelatan turnamen sepak bola Piala Eropa 2024 di Jerman.

Bukan tanpa alasan Boateng terpilih sebagai Berlin Ambassador. Ia merintis kariernya di Jerman bersama klub ternama asal Berlin, yakni Hertha Berlin. Mantan gelandang berdarah Ghana tersebut sempat merumput di Hertha Berlin sebelum bergabung dengan klub-klub besar Eropa seperti AC Milan dan Barcelona.

Menjelang pensiun sebagai pesepak bola, Boateng kembali ke Hertha Berlin hingga gantung sepatu.

Boateng lahir dan tumbuh di Berlin. Di ibu kota Jerman tersebut pula Boateng mulai jatuh cinta dan menekuni dunia sepak bola.

Boateng bergabung dengan Hertha Berlin ketika masih berusia tujuh tahun. Karier profesional Boateng sebagai aktor di lapangan hijau bersama Hertha Berlin dimulai pada 1994. Berkat ketekunannya, ia bisa menembus tim utama Hertha Berlin hingga 2006.

Meski sempat bermain ke tim nasional sepak bola Ghana, Boateng tetap menjadi pesepak bola yang dikagumi di Jerman khususnya Berlin. Boateng pun mengungkapkan rasa kekagumannya sebagai pesepak bola berkulit hitam pertama yang terpilih sebagai Brand Ambassador di Piala Eropa 2024.

“Orang kulit hitam pertama yang terpilih sebagai Brand Ambassador untuk kota Berlin (di Piala Eropa 2024). Kita telah mencatatkan sejarah,” tulis Boateng di akun Instagramnya, beberapa waktu lalu.

Baca juga: Rekor pertemuan Jerman vs Skotlandia: Die Mannschaft dominan

“Resmi. Saya menjadi Brand Ambassador untuk Berlin di Piala Eropa 2024. Siap menyambut para pencinta sepak bola dari seluruh Eropa di kota saya. Sebuah kehormatan saya bisa mewakili kota yang telah memberikan saya segalanya sejak 18 tahun lalu. Terima kasih untuk semua yang telah mendukung dan memercayai saya. Ini kota Berlin,” ujar Boateng.

Sebagai Brand Ambassador, Boateng aktif mempromosikan Berlin sebagai salah satu kota penyelenggara Piala Eropa 2024. Ia berjumpa dengan para penggemar sepak bola dan mengikuti serangkaian acara yang berkaitan dengan Piala Eropa 2024 di Berlin.

Ketika ditanya peluang Jerman di Piala Eropa 2024, Boateng berharap Thomas Müller dan kawan-kawan bisa bermain apik. Boateng berharap tim Panser bisa menembus babak final Piala Eropa 2024. “Jerman melawan Prancis bakal menjadi final idaman di Piala Eropa 2024,” prediksi Boateng dalam sebuah acara yang sempat dihadiri ANTARA di Berlin.

Turnamen sepak bola Piala Eropa 2024 akan berlangsung di Jerman mulai Jumat (14/6) malam waktu setempat atau Sabtu (15/6) dinihari WIB.

Turnamen sepak bola Eropa edisi ke-17 ini digelar di 10 kota yaitu Berlin, Muenchen, Dortmund, Stuttgart, Gelsenkirchen, Frankfurt, Hamburg, Dusseldorf, Cologne, dan Leipzig.

Baca juga: Xhaka usung target tinggi bersama Swiss pada Euro 2024
Baca juga: Kvaratskhelia ingin Georgia berbicara banyak di Euro 2024

Pewarta: Citra Listya Rini
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2024