Jakarta (ANTARA) -
Pelatih kepala tim nasional sepak bola Indonesia U-16 Nova Arianto mengatakan persiapan anak asuhnya sudah 75 persen untuk berlaga di ASEAN Boys Championship (AFF) U-16 yang berlangsung di Solo, pada 21 Juni - 4 Juli.
 
Dalam laman Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) yang dipantau ANTARA di Jakarta, Jumat, ia membeberkan pemusatan latihan yang telah dilakukan di Yogyakarta sejak April berdampak positif untuk perkembangan pemain, baik dari sisi fisik dan teknik.
 
"Ya, kami fokus lagi dan terus menjalani pemusatan latihan, kemajuan dari tim ini sudah cukup baik dan saat ini berada di 75 persen persiapan sebelum maju ke turnamen ini," kata Nova.
 
Lebih lanjut dia membeberkan, pada sisa waktu yang ada, anak asuhnya juga masih terus memperbaiki kekurangan atau evaluasi guna tampil maksimal dalam turnamen nanti.
 
Ia mengungkapkan, sejumlah evaluasi yang dimaksud, yaitu kesiapan mental dan performa dari semua pemain terkait tujuh kali pelaksanaan uji coba yang lalu.
 
Pada dua uji coba terakhir, lanjut dia, anak asuhnya hanya merebut satu kali kemenangan dan satu kali imbang.
 
Mereka menang 2-1 melawan SKO Surakarta pada 9 Juni di lapangan Sriwedari dan seri 1-1 dari SKO Cibubur di lapangan Manahan, Solo.
 
"Evaluasi dari tujuh kali uji coba yang kami lakukan adalah pemain memang belum stabil, maksudnya di salah satu pertandingan mereka bisa bermain baik dan di pertandingan lain kurang baik, jadi itu yang menjadi catatan kami tim pelatih," ujar dia.
   
Ia menambahkan, berdasarkan data dari tim psikologi juga menyebut bahwa para pemain belum bisa mengatur mentalitas bertanding dengan baik sehingga hal itu masih harus diperbaiki.
 
Tim nasional sepak bola Indonesia U-16 berlatih fisik dan taktik di lereng Gunung Merapi, Yogyakarta, untuk persiapan menghadapi ASEAN Boys Championship (AFF) U-16.
 
Skuad asuhan Nova Arianto itu mengikuti turnamen dengan status sebagai juara bertahan karena menjadi pemenang pada edisi 2022 dengan menundukkan Vietnam dalam laga puncak.
 
Saat itu, skuad yang masih dilatih Bima Sakti Tukiman mengalahkan Vietnam dengan skor 1-0.

Baca juga: PSSI pasang target setinggi-tingginya untuk timnas di Piala AFF U-16
Baca juga: Uji coba timnas U-16, Nova Arianto: Saya ingin lihat etos kerja pemain

Pewarta: Donny Aditra
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2024