Selesai. Harus selesai. Target kita, sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo, tahun 2024, bahkan kalau bisa Oktober 2024 sudah clear semua
Palu (ANTARA) - Menteri Koordinator (Menko) Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy menegaskan pembangunan seluruh hunian tetap (huntap) untuk warga terdampak gempa, tsunami, dan likuifaksi di Sulawesi Tengah pada 2018 harus selesai pada tahun 2024 ini.

"Selesai. Harus selesai. Target kita, sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo, tahun 2024, bahkan kalau bisa Oktober 2024 sudah clear semua," kata Menko PMK Muhadjir Effendy saat ditemui wartawan usai menyerahkan secara simbolis kunci huntap untuk sebagian warga terdampak bencana di Palu, Sigi, dan Donggala, di Kota Palu, Jumat.

Sejalan dengan target itu ia meminta Direktur Jenderal (Dirjen) Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Iwan Suprijanto yang hadir pada acara penyerahan kunci huntap itu untuk mengawal penuntasan pembangunan hunian bagi warga terdampak bencana tersebut.

Baca juga: Presiden Jokowi berharap warga Pasigala manfaatkan huntap dengan baik

"Saya minta Pak Dirjen Perumahan harus mengawal betul, jadi tidak ada lagi penambahan waktu untuk rehabilitasi dan rekonstruksi di Palu ini," kata Menko Muhadjir Effendy.

Sebelumnya Iwan telah menyampaikan bahwa Kementerian PUPR berkomitmen menyelesaikan pembangunan hunian tetap itu sebelum Desember 2024.

"Kementerian PUPR berkomitmen penuh untuk dapat menyelesaikan pembangunan hunian tetap pasca-bencana, berikut infrastrukturnya di Provinsi Sulawesi Tengah ini pada tahun ini, bahkan kalau bisa dilakukan secepatnya sebelum Desember 2024," katanya.

Iwan menyampaikan pula penuntasan rehabilitasi dan rekonstruksi itu merupakan kewajiban bagi Kementerian PUPR. Mereka pun memaknai pembangunan itu lebih dari sekadar proyek, yakni juga merupakan aksi atau operasi kemanusiaan yang harus dilaksanakan dengan sepenuh hati.

Baca juga: Wali Kota Palu serahkan 39 huntap kepada warga korban gempa

"Dengan demikian kami harapkan pembangunan huntap ini tepat waktu, tepat biaya, dan tepat mutu," kata Iwan.

Ia mengatakan Kementerian PUPR menargetkan pada tahun 2024 terdapat sebanyak 5.598  huntap yang tuntas dibangun. Perkembangan terakhir, kata dia,  telah terbangun sebanyak 5.216 hunian tetap.

"Sebanyak 5.216 unit telah selesai dibangun. Artinya, telah siap huni. Yang mana 4.264 unit sudah siap untuk serah terima kunci, termasuk pada hari ini," kata Iwan.

Baca juga: Menteri ATR serahkan 655 sertifikat tanah kepada warga huntap Petobo
Baca juga: PUPR serahkan 655 huntap dihuni korban likuefaksi Petobo Kota Palu

Pewarta: Tri Meilani Ameliya
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2024