Air, listrik, fiber optic (internet), gas, insyaallah (siap 17 Agustus)
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengatakan bahwa ketersediaan akses terhadap air, listrik, gas, dan internet di Ibu Kota Nusantara (IKN) akan siap sebelum 17 Agustus 2024.

“Air, listrik, fiber optic (internet), gas, insyaallah (siap 17 Agustus),” ujar Ketua Satuan Tugas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN Kementerian PUPR Danis Sumadilaga ketika ditemui di Kantor PUPR, Jakarta, Jumat.

Danis memaparkan bahwa akses terhadap air akan siap pada pertengahan Juli, kira-kira pada pekan ketiga.

Saat ini, Kementerian PUPR sedang mempercepat penyelesaian Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Sepaku untuk kebutuhan air minum di Ibu Kota Nusantara (IKN) dengan target penyelesaian pada Juli 2024.

Dalam rangka memenuhi kebutuhan air baku di kawasan IKN Nusantara, Kementerian PUPR melalui Direktorat Jenderal Sumber Daya Air telah menyelesaikan pembangunan Bendungan Sepaku Semoi berkapasitas 2.500 liter per detik, dan Intake Sungai Sepaku yang berkapasitas 3.000 liter per detik.

“Agustus listrik sudah masuk, internet (juga) Agustus,” kata Danis.

Terkait jaringan gas, Danis mengungkapkan bahwa saat ini sedang dalam proses pemasangan.

“Kemarin saya ketemu langsung dengan tim gasnya, jaringan gasnya,” ucap dia.

Sebelumnya, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) sekaligus Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) Basuki Hadimuljono mengungkapkan persiapan untuk HUT Kemerdekaan RI di IKN pada 17 Agustus secara keseluruhan dinyatakan siap.

"Secara keseluruhan sudah bisa dinyatakan siap, saya kira 90 persen. Nanti Juli Bapak Presiden RI akan ke IKN lagi untuk melakukan pengecekan final," ujar Basuki, di Jakarta, Kamis (6/6).

Basuki juga menyampaikan bahwa pada Agustus nanti 12 tower rumah susun (rusun) ASN di IKN sudah fully furnished untuk ditempati para peserta upacara. Sedangkan rumah tapak jabatan menteri juga nanti sudah selesai, sehingga bisa ditempati. Kemudian istana presiden sudah selesai.

Terkait apakah Kepala OIKN periode 2022-2024 Bambang Susantono dan Wakil Kepala OIKN periode 2022-2024 Dhony Rahajoe diundang dalam HUT Kemerdekaan RI di IKN pada 17 Agustus 2024, Basuki menjawab bahwa keduanya diundang.

Baca juga: Kemen PUPR siapkan sarana dasar IKN untuk tarik investor asing
Baca juga: Menteri PUPR ajak WNI di Uzbekistan ikut terlibat untuk membangun IKN
Baca juga: Bambang Susantono diangkat jadi Utusan Khusus Presiden kerja sama IKN

 

Pewarta: Putu Indah Savitri
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2024