Pandeglang, Banten (ANTARA) -
Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini menekankan pentingnya ketersediaan air bersih guna memutuskan penyebaran penyakit kusta sekaligus mencegah bertambahnya jumlah penyandang disabilitas.
 
Risma menerangkan tidak jarang air tanah yang dikonsumsi sehari-hari oleh masyarakat tercemar dan mengandung bakteri koli maupun logam berat dan berbahaya.
 
Kondisi air yang demikian semakin buruk bila para penderita kusta menggunakan secara bersamaan dengan masyarakat umum, seperti mandi, cuci, kakus bersama di sungai.
 
“Ada wilayah yang penderita kusta dengan masyarakat umum jadi satu penggunaan air buat daily activities-nya, mulai dari mandi, cuci, kemudian ngambil untuk air masak, itu jadi satu. Nah, ini kan tidak bagus karena airnya jelas tercemar, bakteri kusta, bakteri koli, atau yang lain, itu nambah bahaya untuk kesehatan mereka,” jelas Risma dalam kegiatan bakti sosial yang dilakukan oleh Kementerian Sosial di Pendopo Pandeglang, Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten pada Jumat.
 
Selain memutus penyebaran kusta, lanjutnya, hasil amatan dirinya di lapangan juga menyimpulkan ketersediaan air bersih turut berperan dalam mencegah bertambahnya penyandang disabilitas, khususnya anak-anak dengan kondisi hidrosefalus maupun down syndrome.
 
Pasalnya, ibu hamil yang mengonsumsi air tanah dengan kandungan logam berat dan berbahaya berpeluang besar melahirkan bayi dengan masalah kesehatan yang demikian akibat terhambatnya tumbuh kembang otak janin sejak dalam kandungan.
 
“Makanya kami ambil sampel air karena tadi ada satu desa dengan kondisi disabilitas hampir sama biar cek di laboratorium ada kandungan apa airnya. Nanti setelah itu baru disimpulkan treatment airnya, baru dapat digunakan untuk masyarakat,” ujarnya.
 
Oleh karena itu, pihaknya kian menggalakkan penyediaan sarana air bersih, bahkan yang dapat langsung diminum sebagai bagian dari upaya mengentaskan masyarakat dari penyakit berat maupun kemiskinan.
 
Pada kegiatan bakti sosial Kementerian Sosial di Kabupaten Pandeglang itu, Risma secara khusus turut meninjau proses penyediaan air bersih bagi masyarakat di Kelurahan Cigadung.

Baca juga: Mensos Risma pasang instalasi air bersih cegah penularan kusta

Baca juga: Mensos gunakan sepeda motor tinjau penyaluran RST di Batola Kalsel

Pewarta: Hana Dewi Kinarina Kaban
Editor: Riza Mulyadi
Copyright © ANTARA 2024