Manado (ANTARA) - Ketua Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) Heddy Lugito mengatakan, pemilu akan berjalan dengan demokratis jika seluruh peserta pemilihan umum itu taat peraturan.

"Faktanya bapak-ibu tahu, gonjang-ganjing kepemiluan itu lebih banyak bukan pada penyelenggaranya, karena peserta tidak taat aturan itu berinteraksi dengan para penyelenggara," kata Heddy pada Bimbingan Teknis Penanganan Pelanggaran Kode Etik Badan Ad Hoc Pilkada Tahun 2024 di Manado, Jumat.

Baca juga: Bawaslu minta DKPP berhentikan anggota Bawaslu Puncak Jaya

Karena itu, menurut dia, kalau integritas penyelenggara negara itu lembek, hasil pemilu kualitasnya pun akan menjadi turun.

"Oleh karena itu saya selalu berpesan terhadap teman-teman sekalian penyelenggara pemilu utamanya yang KPU memiliki kualitas integritas di level tertinggi, tidak bisa kurang sedikit pun," katanya.

Baca juga: DKPP pelajari hasil sidang kode etik KPU Pangkep

Dia berharap, penyelenggara pemilu, KPU, tetap menjaga keutuhan pribadi tidak terpengaruh oleh yang berpengaruh dan yang mempengaruhi.

"Siapa pun yang berpengaruh, siapa pun yang mempengaruhi tetaplah pribadi yang utuh, tidak terpengaruh, hanya berpegang teguh pada peraturan perundang-undangan dan kode etik penyelenggara pemilu," ajaknya.

Baca juga: DKPP sebut 432 pelanggaran diproses sepanjang 2023

Memang berat menurut Heddy, karena yang namanya penyelenggara pemilu adalah pemegang mandat terbesar dari undang-undang.

"Dari penyelenggara pemilu utamanya KPU inilah yang akan melahirkan pemimpin-pemimpin bangsa dari tingkat pusat dan maupun tingkat daerah," ujarnya.

Baca juga: DKPP beri motivasi bagi PPS se-Kabupaten Kupang untuk sukseskan pemilu

Personel penyelenggara pemilu nantinya akan berhasil, misalnya di pilkada, bila bisa melahirkan di daerah masing-masing bupati atau wali kota yang sesuai yang dikehendaki rakyat.

"Indikatornya gampanglah kira-kira, KPU-nya berhasil melahirkan pemimpin daerah yang hebat, kalau nanti kepala daerah yang dilahirkan itu tidak ditangkap KPK," ujarnya.

Baca juga: Presiden Jokowi lantik Anggota DKPP 2022-2027 Unsur Tokoh Masyarakat

Mestinya menurut dia, penyelenggara pemilu bangga melahirkan pemimpin yang dikehendaki rakyat, pemimpin-pemimpin yang benar-benar memikirkan dan benar-benar menjalankan aspirasi rakyat.

"Itu semua ada di tangan bapak dan ibu semuanya. Ini akan berlangsung dengan baik kalau pemilu kita berlangsung secara demokratis," katanya menegaskan.

Baca juga: Ahli: Kewenangan DKPP timbulkan kesetiaan ganda penyelenggara pemilu
Baca juga: Pakar: Kasus pelanggaran kode etik pemilu meningkat setelah ada DKPP

Pewarta: Karel Alexander Polakitan
Editor: Tunggul Susilo
Copyright © ANTARA 2024