Jakarta (ANTARA) - PT Reasuransi Indonesia Utama (Persero) atau Indonesia Re menggelar Pembinaan Kesadaran Bela Negara (PKBN) terhadap puluhan karyawannya, sebagai komitmen membentuk karakter anak negeri yang berintegritas.

Direktur Utama PT Reasuransi Indonesia Utama (Persero), Benny Waworuntu dalam keterangan di Jakarta, Jumat, mengatakan sebanyak 39 peserta yang mengikuti rangkaian PKBN masing-masing merupakan karyawan tetap baru, karyawan kontrak, dan bagian management trainee.

Baca juga: 97 peserta PKPBN ikut program BAPEN 2024 Kemenpora di Banten

"Kegiatan ini merupakan bentuk pendidikan dan pelatihan untuk mewujudkan SDM yang memiliki pemikiran taktis, strategis dan semangat nasionalisme menghadapi kompleksitas ancaman dan risiko sosial guna mendukung kemajuan industri dan teknologi di Indonesia," kata dia.

Selain pelatihan fisik dan mental, lembaga bidang perlindungan asuransi ini memfokuskan materi wawasan kebangsaan rasa cinta NKRI terhadap para peserta selama PKBN yang berlangsung hingga dua hari ke depan di Bogor, Jawa Barat.

Untuk itu, Benny memastikan bahwa rangkaian pelatihan aman bagi seluruh peserta, karena materi pembinaan yang diberikan telah disesuaikan dengan kemampuan dan memprioritaskan faktor keselamatan.

Sebab, perusahaan sudah menjalankan PKBN sejak 2018 dan terus berlangsung di setiap proses penerimaan karyawan baru Indonesia Re.

PKBN merupakan bagian dari proses rekrutmen bersama BUMN yang merupakan adaptasi dari nilai-nilai utama “AKHLAK”, yaitu Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif.

Baca juga: Peserta PKPBN Kemenpora selesaikan pendidikan di Pusdiklat Kemhan

Baca juga: Kemenpora yakin peserta PKPBN jadi contoh positif untuk generasi muda


Nilai-nilai tersebut menjadi landasan dalam mewujudkan karakter karyawan BUMN yang inisiatif, bertalenta, serta loyal dan jujur dalam bekerja.

​​​​Penerapan nilai-nilai utama “AKHLAK” ini diterapkan di seluruh lapisan karyawan BUMN, mulai dari dewan pengawas/komisaris, direksi, manajemen, dan staf.

"Jadi implementasi nilai dasar bela negara merupakan bagian dan pemupukan karakter bangsa dan tak terlepas dari pembangunan revolusi mental," kata dia.

Pewarta: M. Riezko Bima Elko Prasetyo
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2024