Jakarta (ANTARA) - Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) mendukung terwujudnya kesetaraan gender di lingkungan Korps Bhayangkara lewat kegiatan HeForShe Award 2024.

Ketua Panitia Lomba HeForShe 2024 Kombes Pol. Widy Saputra dalam keterangannya di Jakarta, Jumat, mengatakan HeForShe adalah kampanye solidaritas mendukung kesetaraan gender yang diluncurkan oleh UN Women.

“Penghargaan HeForShe 2024 ini merupakan ajang penghargaan yang pertama diadakan institusi Polri dalam rangka Hari Bhayangkara Ke-78, sekaligus bentuk komitmen Polri mendukung tercapainya kesetaraan gender,” kata Widy.

Widy menjelaskan, sejak awal Polri mendukung perempuan berkarir di kepolisian. Penghargaan ini merupakan bentuk dukungan terhadap kebijakan pimpinan Polri.

“HeForShe Award dapat diikuti oleh semua polda jajaran,” katanya.

Untuk mengikuti HeForShe Award, kata dia, persyaratan yang wajib dipenuhi peserta yakni harus menunjukkan komitmen dukungannya dalam bentuk tulisan dan video.

“Penilaian nantinya tergantung pada inovasi dan kreativitas peserta selain komitmen dukungan terhadap perempuan tentunya,” kata Widy.

Menurut dia, Polri memberikan dukungan kepada polwan agar nyaman berkarir di kepolisian. Dukungan itu diberikan sudah sejak lama, hingga kini semakin banyak polwan yang menduduki posisi strategis di instansi Polri.

Selain itu, kuota penerimaan polwan setiap tahunnya terus ditambah. Polri, memandang polwan sangat strategis untuk penyelesaian kasus-kasus dengan korban yang didominasi perempuan dan anak seperti kekerasan dalam rumah tangga dan tindak pidana perdagangan orang.

“Perhatian dan perlindungan terhadap perempuan dan anak ditunjukkan Kapolri dengan membentuk Direktorat Perlindungan Perempuan dan Anak serta Direktorat Tindak Perdagangan Orang yang disampaikan langsung kepada Presiden Joko Widodo,” katanya.

Komitmen Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo mendukung kesetaraan gender memajukan karir perempuan di kepolisian juga mendapat apresiasi dari International Association of Women Police (IAWP) atau Asosiasi Polwan Internasional lewat penghargaan He for She 2024.

“Kapolri dinilai telah memberikan kontribusi signifikan dalam mempromosikan dan memajukan perempuan di kepolisian,” ujarnya.

Terpisah, Pakor Polwan RI Brigjen Pol. Desy Andriani mengatakan ruang berkarir di kepolisian semakin lebih ramah untuk perempuan.

“Belum lama ini kami menerima audiensi UN Women. Kedatangan mereka adalah untuk menyampaikan komitmen mendukung upaya Polri dalam mewujudkan kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan di lingkungan Polri,” katanya.

Selain itu, pertemuan tersebut juga membahas proyeksi potensi kerja sama antara Polri dan UN Women.
 

Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: Edy M Yakub
Copyright © ANTARA 2024