Banda Aceh (ANTARA) - Pengurus Provinsi (Pengprov) tarung derajat Aceh terus memacu latihan fisik dan kemampuan atlet guna meraih target juara umum cabang olahraga tersebut dengan meraih lima medali emas pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024.

Ketua Harian Pengprov tarung derajat Aceh Yan Yan Rahmad di Banda Aceh, Jumat, mengatakan pihaknya optimis bisa mewujudkan target tersebut pada PON XXI jika melihat prestasi para atlet pada PON XX Papua 2020 dan Kejuaraan Nasional (Kejurnas) 2022.

“Di PON Papua kita ranking tiga nasional, dan Kejurnas rangking dua nasional, mudah-mudahan di Aceh (PON XXI, red) kita menargetkan bisa juara umum tarung derajat, Insya Allah,” kata Yan Yan.

Guru utama tarung derajat Aceh itu menjelaskan, pada PON XX Papua mereka berhasil memboyong tiga medali emas, satu medali perak dan empat medali perunggu. Selanjutnya dalam Kejurnas 2022, Aceh berhasil merebut lima medali emas dan lima medali perunggu.

Prestasi ini menjadi motivasi bagi para atlet untuk meraih hasil maksimal pada PON XXI yang berlangsung 8-20 September 2024 di Aceh. Tarung derajat Aceh akan mengikuti 21 kelas nomor pertandingan, yakni tarung bebas putra sembilan kelas, tarung bebas putri lima kelas dan seni gerak tujuh kelas.

“Tarung Derajat ini merupakan cabang unggulan yang hari ini diberikan target sama KONI Aceh Aceh untuk mempertahankan tiga medali emas. Tapi kita akan coba bersama seluruh pengurus, pelatih, Insya Allah kita menargetkan lima medali emas di PON XXI,” ujarnya.

Menurut dia, atlet sudah berlatih untuk menghadapi PON XXI sejak dua tahun terakhir dan saat ini 24 atlet Tarung Derajat Aceh sedang mengikuti pemusatan latihan di Kawah Drajat Aceh, Banda Aceh.

Dari 24 atlet, lanjut Yan Yan, terdapat 16 atlet sentralisasi yang mendapat tanggungan biaya penuh dari KONI Aceh, serta delapan atlet desentralisasi yang harusnya latihan di daerah masing-masing, tetapi turut dibiayai Pengprov Tarung Derajat untuk dibawa ke Banda Aceh guna mengikuti pemusatan latihan.

“Jadi target program latihan itu tidak bisa dipisah-pisah, tapi harus menyatu dari awal. Karena kita tuan rumah, maka program harus menyatu dan tidak bisa parsial, untuk meraih hasil yang maksimal,” ujarnya.

Ia menambahkan, sebanyak 14 atlet putra dan 10 atlet putri Tarung Derajat Aceh tersebut sudah siap untuk menghadapi perhelatan PON XXI. Atlet-atlet tersebut merupakan para juara di berbagai kompetisi tingkat daerah maupun nasional.

“Mereka (atlet-atlet, red) ini rata-rata juara, ada juara di PON Papua, juara Kejurnas, jadi yang turun bertanding nanti adalah para juara. Semua nomor kami targetkan dapat medali. Ini menjadi motivasi bagi para atlet-atlet kita,” ujarnya.

Baca juga: Aceh dan Jabar mendominasi empat nomor seni gerak tarung derajat
Baca juga: Kejurnas Tarung Derajat 2022 acuan daerah menuju PON 2024

Pewarta: Khalis Surry
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2024