Dalam periode Idul Adha ini, tentu kami akan pastikan kelancaran operasional dan lakukan antisipasi kepadatan lalu lintas di sekitar bandara dengan senantiasa berkoordinasi dengan berbagai stakeholder
Denpasar (ANTARA) - Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali, mencatat terdapat 84 permohonan penerbangan tambahan rute domestik selama periode Idul Adha 14-20 Juni 2024.

General Manager Bandara I Gusti Ngurah Rai Handy Heryudhitiawan dalam keterangannya di Denpasar, Jumat, mengatakan, dengan jumlah penerbangan tambahan itu diperkirakan akan memberi pelayanan kepada 11.407 penumpang.

Adapun rute tujuan yang diajukan adalah Jakarta, Balikpapan, Makassar, Surabaya, Kulon Progo, Semarang, Solo, Tambolaka, dan Wakatobi yang dilayani maskapai Citilink Indonesia, Lion Air, Wings Air, Super Air Jet, dan Indonesia Air Asia.

“Dalam periode Idul Adha ini, tentu kami akan pastikan kelancaran operasional dan lakukan antisipasi kepadatan lalu lintas di sekitar bandara dengan senantiasa berkoordinasi dengan berbagai stakeholder,” ujarnya.

Melihat lonjakan pergerakan pada periode libur panjang ini, pihak Bandara I Gusti Ngurah Rai memprediksi akan terjadi peningkatan jumlah penumpang.

Handy memproyeksikan dari 14-20 Juni 2024 mereka akan memberi pelayanan kepada 507.076 penumpang dan 2.921 pergerakan pesawat.

“Sebagai salah satu destinasi pariwisata utama di Indonesia, momen libur panjang tentu memiliki dampak terhadap kenaikan trafik penumpang di Pulau Bali, demikian pula dengan momen hari raya dan cuti bersama Idul Adha yang kami proyeksikan terdapat kenaikan jumlah penumpang,” kata dia.

Jika dirata-rata sepanjang 2024 penumpang harian di bandara tersebut 64-65 ribu per hari, dan selama Idul Adha diprediksi melebihi rata-rata normal, yaitu naik 15-17 persen atau 70-74 ribu per hari.

Sejalan dengan pergerakan penumpang, Handy melihat pergerakan pesawat juga akan meningkat dengan prediksi 434 pergerakan per hari sementara hari biasa 371 pergerakan pesawat per hari.

“Kami prediksikan pada periode tersebut jumlah pelayanan penumpang tertinggi akan terjadi pada Sabtu, 15 Juni dengan angka pelayanan mencapai 76.287 penumpang,” sebut Handy.

Untuk diketahui, di luar 84 pengajuan penerbangan tambahan ini Bandara I Gusti Ngurah Rai sudah melayani 9.183.764 penumpang dan 56.627 pergerakan pesawat sepanjang Januari hingga Mei 2024.

Terdapat 21 rute domestik yang dilayani oleh 11 maskapai, serta 34 rute internasional dengan dilayani oleh 38 maskapai yang beroperasi di bandara di Bali Selatan itu.

Baca juga: Bandara Ngurah Rai alami kenaikan penumpang berkat cuti Mei
Baca juga: Pesawat jumbo A380 angkut 382 ribu penumpang melalui Bali
Baca juga: Bandara Ngurah Rai catat peningkatan penumpang sepanjang April

 

Pewarta: Ni Putu Putri Muliantari
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2024