Jakarta (ANTARA) - Bupati Kepulauan Seribu, Provinsi DKI Jakarta, Junaedi menyerahkan sebanyak 21 ekor sapi dan 11 ekor kambing untuk didistribusikan ke warga di 11 pulau berpenduduk di wilayah tersebut menjelang Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah. 

“Seluruh sapi ini dikirim ke pulau-pulau berpenduduk di Kepulauan Seribu dari Pelabuhan Muara Angke, Penjaringan, Jakarta,” kata dia di Jakarta, Jumat.

Ia menyebutkan, tiga ekor sapi dikirim ke Pulau Pramuka dan satu ekor sapi untuk warga Pulau Untung Jawa. Sedangkan untuk Pulau Panggang, Pulau Tidung, Pulau Pari, Pulau Harapan, Pulau Kelapa, Pulau Kelapa Dua, Pulau Lancang, Pulau Payung dan Pulau Sebira dikirim masing-masing dua ekor sapi.

Selain itu, ada juga empat ekor kambing untuk Pulau Untung Jawa dan dua ekor kambing untuk Pulau Tidung.

"Lalu tiga ekor kambing untuk Pulau Kelapa serta di Pulau Pari dan Pulau Kelapa masing-masing satu ekor kambing,” katanya.

Baca juga: Pemkab kirim hewan kurban ke Kepulauan Seribu dengan kapal tradisional

Puluhan hewan kurban tersebut merupakan bantuan dari berbagai pihak, antara lain Baznas-Bazis, Bank DKI, Corporate Social Responsibility (CSR) PHE OSES, organisasi kemasyarakatan, SKPD/UKPD dan pihak swasta.

"Sekali lagi saya ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mau peduli dan menyumbangkan hewan kurban di Kepulauan Seribu. Hewan kurban ini kita distribusi secara merata agar semua warga pulau bisa merasakan daging kurban," ungkapnya.

Selain pendistribusian dan pemotongan hewan kurban di pulau, Kabupaten Kepulauan Seribu juga menyiapkan dua ekor sapi dan dua ekor kambing di Gedung Mitra Praja. Nantinya daging kurban dibagikan untuk Penyedia Jasa Lainnya Perorangan (PJLP) dan warga di wilayah tersebut.

"Mudah-mudahan ini bisa bermanfaat untuk semua warga dan kita bisa merayakan kebahagiaan Hari Raya Idul Adha tahun ini bersama-sama," katanya.

Baca juga: Kepulauan Seribu sembelih 224 hewan kurban pada Hari Raya Idul Adha

Kepala Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (Sudin KPKP) Kepulauan Seribu, Nurliati mengatakan, pihaknya telah melakukan pemeriksaan hewan kurban yang akan didistribusikan ke 11 pulau tersebut.

“Kami memeriksa hewan kurban yang didistribusikan pihak Kabupaten Kepulauan Seribu dengan melakukan uji sampel darah, pengecekan kaki hingga diperiksa struktur giginya, hasilnya semua sehat,” katanya.

Lurah Pulau Untung Jawa, Sidartawan
mengucapkan terima kasih atas bantuan hewan kurban dari Kabupaten Kepulauan Seribu dan berbagai pihak untuk warganya.

Menurut dia, pemotongan hewan kurban akan dilaksanakan hari kedua Idul Adha. "Semoga hewan kurban tersebut mencukupi kebutuhan pangan untuk warga Pulau Untung Jawa," katanya.

Pihaknya hari ini menerima empat ekor hewan kurban sapi dan kambing dan mungkin akan bertambah lagi. "Karena kami juga menerima sumbangan dari warga, minimal di Pulau Untung Jawa nanti ada delapan ekor sapi dan lima ekor kambing,” kata dia.

 

Pewarta: Mario Sofia Nasution
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2024