Surabaya (ANTARA) -
Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Jawa Timur terus memperkuat hubungan dan melakukan penjajakan kerja sama dalam pengembangan olah raga jangka panjang dengan China.
 
Ketua KONI Jatim M Nabil dalam keterangannya di Surabaya, Kamis, mengatakan dengan adanya kerja sama itu maka akan ada dampak positif bagi pengembangan olahraga di Jatim ke depan.
 
"China ini punya lembaga keolahragaan yang cukup lama berdiri. Kemudian alat ukur lainnya karena China mendominasi di even olah raga dunia seperti juara umum Asian Games dan di Olimpiade selalu meraih tiga besar. Mereka punya pelatih berkompeten, kemudian lebih simpel dan pembiayaan lebih murah," ujarnya.
 
Selain itu, lanjutnya, dari hasil beberapa cabang olahraga yang dikirim ke China selalu pulang dengan hasil positif.
 
Bahkan, dalam menyambut PON XXI 2024 Aceh-Sumatera Utara, pihaknya juga memberangkatkan beberapa atlet dari beberapa cabang olahraga ke China untuk melakukan pemusatan latihan, antara lain selam, sepatu roda, senam, wushu dan angkat besi.

Baca juga: KONI Jatim hitung ulang peluang medali di ajang PON XXI Aceh-Sumut
 
"Ke depan kami juga akan melakukan kerja sama dengan Badan Olahraga Nasional Tiongkok sehingga proses pembinaan semakin kuat dan nantinya lebih mudah. Kalau saat ini hubungannya masih dari masing-masing cabang yang ada di KONI Jatim," ucapnya.
 
Sementara itu, Konjen China Xu Yong mengapresiasi kerja keras KONI Jatim selama ini dalam pembinaan olah raga, terlebih selalu melibatkan negaranya.
 
Pihaknya berkomitmen untuk melakukan kerja sama lebih yang tentu tak hanya menguntungkan bagi KONI Jatim saja tapi juga bagi China.
 
“Saya senang mendengar beberapa cabang menjalin kerja sama dengan beberapa kota di China untuk melakukan pelatihan khusus. Semoga dengan kerja sama ini bisa memberi manfaat. Selamat berlatih semoga bisa meraih hasil terbaik di PON,” kata Xu Yong.

Baca juga: KONI Jatim bertekad tak berhenti sumbang atlet nasional

Pewarta: Indra Setiawan/Naufal
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2024