Jakarta (ANTARA) - Terdapat beragam destinasi yang dapat dimanfaatkan warga Jakarta dan sekitarnya pada libur akhir pekan dan Hari Raya Idul Adha yang dimulai pada Sabtu, 15 Juni hingga Selasa, 18 Juni 2024.

Salah satu lokasi wisata gratis yang dapat dinikmati di Jakarta Selatan adalah Taman Literasi Martha Christina Tiahahu atau yang biasa disebut Taman Literasi Blok M.

Sesuai dengan namanya, taman ini terletak di kawasan Blok M, Jakarta Selatan yang berada tepat di seberang pusat perbelanjaan legendaris yaitu Plaza Blok M. Sejak dahulu, kawasan ini dikenal sebagai tempat perbelanjaan, hiburan, dan kuliner.

Taman yang diresmikan oleh Gubernur Anies Baswedan pada September 2022 lalu ini menjadi ruang bagi masyarakat untuk melakukan berbagai kegiatan yang berkaitan dengan literasi, budaya, dan ekonomi kreatif.

Baca juga: Taman Literasi Martha Tiahahu jadi pilihan ngabuburit selama Ramadhan

Taman Literasi Blok M tidak hanya menghadirkan suasana tenang dan sejuk di tengah kesibukan lalu lintas dan polusi Jakarta, tetapi juga menyediakan berbagai fasilitas inklusif seperti Ruang Baca, Plaza Bunga, Plaza Anak, dan lainnya.

Selain itu, taman ini menyediakan area kuliner dengan berbagai pilihan makanan serta beberapa spot yang menarik untuk dijadikan tempat berfoto.

Adapun masyarakat yang berkunjung ke Taman Literasi Blok M menggunakan kendaraan pribadi, dapat memarkirkan kendaraannya di Plaza Blok M atau Mal Blok M.

Sementara itu, bagi yang menggunakan transportasi publik dapat memanfaatkan bus Transjakarta dengan tujuan Blok M, Moda Raya Terpadu (MRT) Jakarta dengan tujuan stasiun Blok M, atau memanfaatkan jasa ojek online maupun taksi online.

Berjarak sekitar 500 meter atau berjalan kaki kurang lebih 10 menit dari Taman Literasi Blok M, terdapat dua taman dengan lokasi yang berdekatan yaitu Taman Ayodia Barito dan Taman Langsat.

Baca juga: ITJ kenalkan fasilitas baru di Taman Literasi Christina Martha Tiahahu
 
Suasana Taman Ayodia Barito, Jakarta Selatan pada Jumat (14/6/2024). (ANTARA/Adimas Raditya)


Baca juga: Taman Langsat di Kebayoran Baru akan direvitalisasi

Taman Ayodia Barito yang diresmikan oleh Gubernur Fauzi Bowo pada Maret 2009 silam, merupakan salah satu ruang terbuka hijau yang dimanfaatkan warga Jakarta untuk sekadar beristirahat atau berolahraga ringan.

Taman ini memiliki kolam besar di bagian tengah, dikelilingi pohon-pohon besar serta tempat duduk yang dibangun bertingkat menyerupai amphiteater.

Waktu terbaik untuk mengunjungi taman ini adalah pada pagi dan sore hari, ketika matahari tidak terlalu panas dan udara masih segar.

Setelah pukul 17.00 WIB pedagang kuliner kaki lima mulai membuka lapak di sekitar taman.

Baca juga: Yayasan Kehati melakukan sensus biodiversitas di taman Jakarta
 
Suasana Taman Langsat, Jakarta Selatan pada Jumat (14/6/2024). (ANTARA/Adimas Raditya)


Kemudian, Taman Langsat juga bisa menjadi pilihan ruang terbuka yang layak dikunjungi untuk sekadar bersantai, berolahraga, dan menikmati udara segar.

Di taman ini terdapat pepohonan dan rumput yang ditata rapi sehingga tampak asri. Di bagian lain, terdapat beberapa bangunan terbuka seperti gazebo yang dapat digunakan untuk duduk lesehan.

Bagi yang membawa anak-anak, Taman Langsat menyediakan lokasi bermain (playground) yang dapat dimanfaatkan secara gratis.

Masyarakat Jakarta dan sekitarnya dapat berkunjung ke tiga taman ini tanpa dipungut biaya.

Diketahui, pemerintah telah menetapkan libur nasional dan cuti bersama Idul Adha 2024 yang berdekatan dengan akhir pekan sehingga termasuk periode libur panjang (long weekend) yaitu Sabtu 15 Juni 2024 adalah libur akhir pekan, Minggu 16 Juni 2024 libur akhir pekan, Senin 17 Juni 2024 libur nasional Idul Adha 2024, Selasa 18 Juni 2024 adalah Cuti Bersama Idul Adha 2024.

Baca juga: Kemenparekraf: Utamakan aspek keamanan saat libur Idul Adha 2024

Pewarta: Adimas Raditya Fahky P
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2024