Sentani (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayapura, Papua meminta Lembaga Masyarakat Adat (LMA) setempat menjadi mitra untuk mendukung setiap pembangunan berkelanjutan di daerah ini.

Penjabat Bupati Jayapura Triwarno Purnomo di Sentani, Jumat, mengatakan pembangunan yang dilakukan sering mengalami permasalahan, khususnya masalah hak ulayat, sehingga dibutuhkan kerja sama masyarakat adat untuk mendukung kelancaran pembangunan.

Baca juga: LMA Port Numbay ajak warga Jayapura jaga keamanan bersama

“Kami berharap masyarakat adat dapat mendukung sepenuhnya pembangunan yang dilakukan oleh pemerintah daerah, sehingga akses ekonomi, pendidikan dan kesehatan terus meningkat,” katanya disela pelantikan 19 LMA Distrik se-Kabupaten Jayapura.

Menurut Triwarno, masyarakat adat menjadi subjek utama dalam pembangunan berkelanjutan di Kabupaten Jayapura.

“Kami selalu meminta setiap kegiatan pembangunan dari dinas, badan supaya melibatkan masyarakat adat, sehingga pembangunan bisa berjalan dengan baik,” ujarnya.

Dia berharap kepengurusan LMA distrik yang sudah terbentuk supaya terus memberikan kontribusi terhadap setiap pembangunan di daerah ini.

“Dengan adanya pembangunan merata di setiap kampung, tingkat kesejahteraan masyarakat akan terus meningkat dengan akses ekonomi, pendidikan, dan kesehatan yang berjalan seimbang,” katanya.

Baca juga: Wapres apresiasi LMA Tanah Papua jaga NKRI

Baca juga: Pemkab Jayapura-Masyarakat Adat Grime sepakati perdamaian 5 Januari


Dia mengharapkan LMA dapat mendukung terciptanya kondisi keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) di 19 distrik di Kabupaten Jayapura.

“Kita sudah mendekati pemilihan kepala daerah (Pilkada), sehingga dukungan nyata dibutuhkan LMA dalam menciptakan Kamtibmas yang aman dan damai,” ujarnya.

Pewarta: Yudhi Efendi
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2024