Jakarta (ANTARA) - Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) Kepulauan Seribu, Provinsi DKI Jakarta, menegaskan bahwa semua hewan kurban yang didistribusikan ke sejumlah pulau di wilayah tersebut dalam kondisi sehat dan sesuai syariat Islam.

"Sesampai di pulau tujuan akan kembali dilakukan pemeriksaan lanjutan hewan kurban itu," kata Kepala Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (Sudin KPKP) Kepulauan Seribu, Nurliati di Jakarta, Jumat.

Pihaknya juga melaksanakan pemeriksaan di dermaga-dermaga lainnya untuk memastikan hewan kurban yang masuk ke Kepulauan Seribu sesuai persyaratan dan kondisi baik. Pemeriksaan dilakukan termasuk Dermaga Muara Angke (Jakarta Utara) yang menjadi lokasi pengiriman sapi pada hari ini.

Menurut dia, belum ditemukan hewan yang terinfeksi penyakit maupun di bawah umur yang masuk ke satu-satunya wilayah kepulauan yang ada di Provinsi DKI Jakarta itu

“Saat Hari Raya Idul Adha kami akan kembali melakukan pemeriksaan sekaligus monitor pemotongan hewan kurban di tiap pulau," kata dia.

Baca juga: Jangan buang limbah hewan kurban ke sungai
Baca juga: Bupati serahkan 21 ekor sapi untuk warga Kepulauan Seribu


Bupati Kepulauan Seribu Junaedi telah menyerahkan 21 ekor sapi dan 11 ekor kambing untuk didistribusikan ke-11pulau berpenduduk di wilayah tersebut untuk Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah.

“Seluruh sapi ini dikirim ke pulau-pulau berpenduduk di Kepulauan Seribu dari Pelabuhan Muara Angke, Penjaringan, Jakarta,” kata dia di Jakarta, Jumat. 

Puluhan hewan kurban tersebut merupakan bantuan dari berbagai pihak, antara lain Baznas-Bazis, Bank DKI, Corporate Social Responsibility (CSR) PHE OSES organisasi kemasyarakatan dan pihak swasta.

Pewarta: Mario Sofia Nasution
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2024