Hari ini kami melakukan kegiatan ramp check bus pariwisata, untuk memastikan kelaikan bus-bus pariwisata yang digunakan untuk melayani masyarakat
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Kelas III Daerah Istimewa Yogyakarta melakukan pemeriksaan kelaikan operasi (ramp check) bus pariwisata di Kabupaten Sleman, menjelang libur Hari Raya Idul Adha 1445 H.

"Hari ini kami melakukan kegiatan ramp check bus pariwisata, ini bertujuan untuk memastikan kelaikan bus-bus pariwisata yang digunakan untuk melayani masyarakat," kata Kepala BPTD Kelas III DI Yogyakarta Yanti Marliana dalam keterangan diterima di Jakarta, Jumat.

BPTD Kelas III Daerah Istimewa Yogyakarta menggelar kegiatan inspeksi keselamatan lalu lintas dan angkutan jalan yaitu pemeriksaan kelaikan kendaraan (ramp check) terhadap bus-bus pariwisata di tempat parkir wisata Tlogo Putri, Kaliurang, Sleman, D.I Yogyakarta.

Yanti mengatakan pemeriksaan yang dilakukan meliputi dokumen persyaratan perjalanan seperti STNK, Kartu Uji Berkala dan Kartu Pengawasan.

Selain itu, dilakukan pemeriksaan kondisi fisik kendaraan seperti pemeriksaan rem, roda, lampu dan alat penunjang keselamatan.

Baca juga: Menhub: Pembangunan Pusat Pengujian Kendaraan Bekasi capai 50 persen

Baca juga: Kemenhub lindungi fasilitas pelabuhan dari serangan siber


Dia menuturkan bahwa hal itu dilakukan dalam rangka mewujudkan keselamatan lalu lintas dan angkutan jalan menghadapi libur dan cuti bersama Hari Raya Idul Adha 2024.

"Kegiatan semacam ini sebenarnya sudah rutin dilaksanakan, namun saat ini secara khusus dilaksanakan untuk menghadapi long weekend libur dan cuti bersama Hari Raya Idul Adha 2024," kata Yanti.

Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, lanjut Yanti, telah memberi arahan kepada BPTD seluruh Indonesia untuk melaksanakan inspeksi keselamatan Lalu Lintas Angkutan Jalan (LLAJ) terhadap seluruh armada bus penumpang umum dan bus pariwisata di terminal, pool, maupun tempat wisata di wilayah kerja masing-masing.

"Kegiatan ini dilakukan terus menerus sebagai tugas rutin yang dilaporkan hasilnya secara berkala kepada Direktur Jenderal Perhubungan Darat," ungkapnya.

Dalam pelaksanaannya, BPTD Kelas III DIY menggandeng mitra kerja dan instansi terkait antara lain Dinas Perhubungan Provinsi DIY, Dinas Perhubungan Kabupaten Sleman, Ditlantas Polda DIY, Satlantas Polres Sleman, Denpom IV/2 Yogyakarta, dan Jasa Raharja Cabang Yogyakarta.

"Melalui kegiatan ini diharapkan dapat menjamin keselamatan masyarakat pengguna jasa bus pariwisata tersebut," kata Yanti.

Baca juga: Indonesia pelajari pelabuhan ramah lingkungan di Forum Maritim ASEAN

Baca juga: Kemenhub ingatkan penerapan ISPS Code di PT Terminal Teluk Lamong


 

Pewarta: Muhammad Harianto
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2024