Jakarta (ANTARA) - Sebanyak 600 warga Jakarta Barat 
​​​​​​mengikuti pelatihan mengemudi yang diselenggarakan oleh Suku Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Energi (Sudis Nakertransgi) setempat untuk mempermudah warga tersebut mendapatkan pekerjaan.

Kepala Suku Dinas (Kasudin) Nakertransgi Jakarta Barat, Jackson Dianrus Sitorus menyebutkan bahwa dengan pelatihan mengemudi tersebut warga akan mendapatkan Surat Izin Mengemudi (A) sehingga membantu warga mencari pekerjaan.

"Pelatihan mengemudi dan mendapatkan SIM A dilakukan Pemprov DKI Jakarta untuk bantu masyarakat agar memiliki bekal untuk mencari pekerjaan," kata Jackson di Jakarta pada Jumat.

Jackson menambahkan bahwa pelatihan dilaksanakan selama 12 hari, yakni satu hari untuk materi teori, sepuluh hari praktik lapangan dan satu hari terakhir untuk pembuatan SIM A."Lama waktunya masih sama kayak tahun kemarin," kata dia.

Baca juga: Pemkot Jakbar gelar pelatihan seni musik dukung pelestarian budaya
Baca juga: Jakbar beri pelatihan olahan pangan bagi warga


Sementara untuk persyaratan, kata Jackson, peserta harus warga Jakarta Barat (Jakbar). Kemudian sehat jasmani-rohani serta memiliki keinginan untuk mendapatkan pekerjaan yang lebih baik.

"Sudah banyak yang daftar. Sekarang tahap seleksi berkas administrasi. Nanti kegiatan dilaksanakan bulan Juli," katanya.

Adapun peserta yang berhak mengikuti pelatihan tersebut merupakan warga Jakarta Barat yang tersebar di delapan kecamatan.

"Jumlah peserta tahun ini lebih sedikit dibanding tahun lalu, tahun lalu itu 1.200 peserta," kata dia.

Pewarta: Redemptus Elyonai Risky Syukur
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2024