Hingga saat ini sudah dua orang calon haji asal Lampung yang wafat di Arab Saudi
Bandarlampung (ANTARA) - Satu lagi calon haji asal Lampung meninggal dunia di Tanah Suci, Arab Saudi pada Kamis (13/6) di Rumah Sakit Al Noor pada pukul 13:00 WAS.

"Kami sampaikan kabar duka kembali bahwa ada satu calon haji Lampung atas nama Rosdiana (70) warga Bandarlampung meninggal dunia di Tanah Suci," kata Kepala Kanwil Kemenag Lampung Puji Raharjo, di Baadarlampung, Jumat.

Dia mengatakan bahwa dengan bertambahnya satu calon haji yang wafat, hingga saat ini sudah dua orang calon haji asal Lampung yang wafat di Arab Saudi.

"Almarhumah Rosdiana meninggal karena gangguan paru-paru. Kondisi tersebut membuat dia mengalami kesulitan bernapas, hal ini serupa dengan Muhammad Qoiyim Syukuri (68) yang telah lebih dahulu meninggal dunia pada Selasa (11/6)," kata dia.

Puji mengatakan bahwa sebelum wafat, almarhumah sempat mendapatkan perawatan di Rumah Sakit di Arab Saudi, namun yang bersangkutan tidak terselamatkan dan menghembuskan nafas terakhir pada pukul 13:00 waktu setempat.

"Dua calhaj yang meninggal ini sama-sama mengalami sesak nafas. Mungkin saja faktor usia menjadi salah satu faktor penyebabnya. Tetapi memang sesuai aturan saat berangkat semua jamaah dalam keadaan sehat dan lolos istithaah," kata dia.

Pada sisi lain Kakanwil Kemenag itu mengimbau jamah calon haji (JCH) untuk selalu menjaga kesehatan selama menjalankan ibadah, terlebih hari ini mereka akan bergeser ke Arafah.

"Kami minta jamaah menjaga asupan air minum agar tidak mengalami dehidrasi. Sebab cuaca di Arab Saudi lebih panas dibandingkan Indonesia sehingga dapat menjalankan ibadah dengan baik," kata dia.

Baca juga: Satu orang calon haji Rokan Hilir Riau wafat di Arafah
Baca juga: Satu lagi calon haji asal NTB dilaporkan meninggal di Arab Saudi
Baca juga: Lagi, seorang calon haji asal Aceh meninggal dunia di Makkah




 

Pewarta: Dian Hadiyatna
Editor: Indra Gultom
Copyright © ANTARA 2024