Jakarta (ANTARA News) - PT Perusahaan Gas Negara (PGN) Tbk memberikan bantuan berupa tujuh unit mobil donor darah dan tujuh mobil tangki air bersih kepada Palang Merah Indonesia (PMI) Pusat senilai Rp5,4 miliar.

"Program bantuan ini merupakan bagian dari komitmen dan konsistensi PGN dalam meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat. Bantuan ini adalah bagian dari program tanggung jawab sosial dan lingkungan (TJSL) PGN," kata Direktur Keuangan PGN, M. Riza Pahlevi melalui siaran pers yang diterima di Jakarta, Rabu.

Dia mengatakan seiring bertambahnya populasi penduduk Indonesia, berbagai masalah kesehatan juga meningkat, termasuk penyediaan darah dan air bersih di masyarakat.

Oleh sebab itu sebagai perusahaan BUMN, PGN akan terus berkontribusi secara langsung terhadap upaya peningkatan kualitas kesehatan masyarakat.

“Peningkatan kualitas kesehatan masyarakat, diantaranya melalui penyediaan darah dan air bersih merupakan tanggung jawab kita bersama. Melalui kerja sama dengan PMI, PGN berharap dapat menjadi bagian dari solusi bangsa dalam mengatasi berbagai masalah kesehatan masyarakat di Indonesia,” kata Riza.

Penyerahan bantuan kepada PMI dilakukan di kantor PGN, Jakarta, hari ini.

Rencananya, bantuan mobil donor darah dan mobil tangki air bersih dari PGN ini akan didistribusikan oleh PMI ke sejumlah daerah yang membutuhkan di Indonesia, antara lain Serang, Gresik, Semarang, Gunung Kidul, Bekasi, Palembang, Surabaya, Medan dan Lampung.

Ketua PMI Pusat Jusuf Kalla (JK) mengapresiasi komitmen dan konsistensi PGN dalam meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat.

Menurut JK berbagai program bantuan yang telah diberikan PGN telah memberikan dampak penting bagi PMI dalam menjalankan program-program kesehatan, terutama dalam penyediaan darah di berbagai wilayah Indonesia.

"Setiap tahun kebutuhan darah terus meningkat, rata-rata mencapai sekitar empat juta kantong. Dengan adanya tambahan fasilitas bantuan seperti yang diberikan oleh PGN ini, PMI dapat menjangkau lebih banyak pendonor darah, sehingga ketersediaan darah untuk memenuhi kebutuhan masyarakat terus meningkat," ujar JK.

JK mengatakan sebagai perusahaan BUMN, PGN harus selalu tampil didepan dan menjadi bagian dari solusi bangsa, seperti yang telah dibuktikan PGN dalam pengembangan infrastruktur dan pemanfaatan gas bumi di Indonesia.

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2014