Jakarta (ANTARA) - Direktur Olahraga Motor (Motorsport) KTM Pit Beirer menilai kehadiran Enea Bastianini dan Maverick Vinales di tim satelit Red Bull KTM Tech3 memberikan warna baru bagi keluarga besar pabrikan KTM pada musim 2025.

“Proyek ini paling kuat jika terdiri dari empat pembalap Red Bull KTM (Brad Binder dan Pedro Acosta di KTM Racing Factory serta Bastianini dan Vinales di Tech3),” kata Beirer, dikutip dari keterangan resmi MotoGP, Sabtu.

Adapun Vinales sebelumnya mengumumkan akan pindah dari Aprilia Racing ke Red Bull KTM Tech3 tahun depan. Beirer membahas bagaimana kesepakatan ini terjadi, hingga akhirnya sang pembalap Spanyol itu memutuskan untuk pindah.

“Ada momen ketika kami bertemu dan berbicara di mana dia memberi kami perasaan bahwa dia ingin bersama kami. Komitmennya sangat kuat sejak awal. Segalanya berjalan dengan cepat,” ungkap Beirer.

“Saya juga merasa dia memiliki tim dan motor yang hebat saat ini, jadi bagi kami, merupakan kejutan positif bahwa dia benar-benar terbuka dan serius mengenai hal itu,” ujarnya menambahkan.

Beirer juga mengungkapkan ekspektasinya terhadap Vinales tahun depan dan harapannya untuk menciptakan atmosfer terbaik bagi sang pembalap.

“Jika dia tidak merasa nyaman, dia tidak hanya akan mundur satu atau dua posisi, itu sangat salah. Jadi, saya pikir kami punya ide bagus dan orang-orang baik di tim untuk bekerja sama dengannya,” kata Beirer.

Baca juga: Bastianini dan Vinales perkuat Red Bull KTM Tech3 pada musim 2025

Bergabung dengan Vinales di tim Red Bull KTM Tech3 musim depan adalah Bastianini. Pembalap Italia itu akan bergabung dengan tim asal Austria setelah menghabiskan empat tahun terakhir mengendarai Ducati.

Beirer membahas ekspektasinya terhadap Bastianini tahun depan dan apa yang ingin dilakukan KTM di jalurnya.

“Jika dia senang dan percaya diri, maka dia akan tampil dengan baik. Kami merekrut pembalap terbaik di dunia untuk memperebutkan podium dan saya merasakan tekanan ada pada kami untuk memberikan paket teknis yang tepat agar mereka dapat tampil baik,” jelas dia.

Namun, bergabungnya Bastianini dan Vinales baru-baru ini berarti tidak memberikan tempat bagi Jack Miller dan Augusto Fernandez di KTM.

Beirer mengungkapkan betapa sulitnya mengambil keputusan untuk berpisah dari kedua pembalap itu.

“Melepas pada Jack dan Augusto sungguh menyedihkan … Kami mengambil keputusan sulit untuk melangkah maju,” ungkap Beirer.

Baca juga: MotoGP bakal rayakan hari jadi ke-75 tahun di Silverstone
Baca juga: Marc Marquez perkuat Ducati Lenovo hingga musim 2026


Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2024