Kami ingin membangunkan komitmen bersama untuk terus meningkatkan kesiapsiagaan kita dalam menghadapi ancaman yang mungkin datang di masa depan
Jakarta (ANTARA) - Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta Isnawa Adjie menyebutkan Pameran Jakarta Tangguh (PJT) 2024 bukan sekedar ajang pamer, namun ada unsur berbagi pengetahuan soal kebencanaan.

"Pameran kebencanaan ini bukan hanya ajang untuk memamerkan kesiapsiagaan Jakarta dalam menghadapi bencana tetapi juga mengedukasi peran pentahelix kebencanaan yang meliputi unsur pemerintah, akademisi, praktisi/bisnis, Komunitas, dan Media," kata Isnawa ketika membuka PJT 2024 di Jakarta Barat, Sabtu.

Menurut Isnawa dalam ajang ini menjadi kesempatan bagi BPBD DKI Jakarta untuk berbagi pengetahuan, pengalaman, ide-ide brilian dalam rangka memperkokoh ketahanan komunitas kita terhadap bencana.

Isnawa juga menjelaskan pameran ini juga kesempatan untuk menggali tentang upaya-upaya penanggulangan bencana yang sudah dilakukan.

"Kami ingin membangunkan komitmen bersama untuk terus meningkatkan kesiapsiagaan kita dalam menghadapi ancaman yang mungkin datang di masa depan, " katanya.
Sejumlah anggota dari komunitas kebencanaan melakukan aksi membuka spanduk Pameran Jakarta Tangguh (PJT) 2024 di Tambora, Jakarta Barat, Sabtu (15/6/2024). ANTARA/Youtube/@bpbddkijakarta/Ilham Kausar

Menurut Isnawa, pameran ini selaras dengan visi Jakarta yang akan menjadi kota berskala global yang tentunya akan siap dalam ketahanan resiko kebencanaan.

"Di tengah-tengah tantangan menjadi kota global, pemahaman akan resiko bencana dan persiapan yang tepat untuk menjadi kunci dalam situasi darurat melalui salah satunya adalah dengan pameran ini," katanya.

Isnawa yang mewakili PJ Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono juga menyebutkan pameran ini bertujuan juga untuk mengeksplorasi inovasi terbaru dalam teknologi dan metode penanggulangan serta membangun jaringan kolaborasi yang kuat untuk merespon bencana dengan lebih efektif.

Pameran Jakarta Tangguh (PJT) 2024 sendiri merupakan rangkaian acara HUT ke-497 DKI Jakarta yang mengambil tema 'Aksi bersama mewujudkan Jakarta sebagai Kota Global tangguh bencana'.

Acara yang digelar di Season City Trade Mall Tambora, Jakarta Barat, sejak pukul 06.00-12.00 WIB ini juga menampilkan sejumlah simulasi penanganan bencana, kendaraan-kendaraan bencana, dan pameran kebencanaan lainnya.
Baca juga: BPBD DKI antisipasi air pasang di Jakarta Utara
Baca juga: BPBD DKI Jakarta minta warga pesisir mewaspadai rob hingga 10 Juni
Baca juga: BPBD DKI siapkan pameran Jakarta Tangguh untuk edukasi masyarakat

Pewarta: Ilham Kausar
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2024