Kita ingin menciptakan kota yang tangguh melalui partisipasi masyarakat dan kesediaan sumber daya pendukung penanggulangan bencana
Jakarta (ANTARA) -
Pameran Jakarta Tangguh (PJT) 2024 yang diselenggarakan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta bertujuan untuk mengajak partisipasi warga menciptakan kota yang tangguh.

"Kita ingin menciptakan kota yang tangguh melalui partisipasi masyarakat dan kesediaan sumber daya pendukung penanggulangan bencana, " kata Kepala Pusat Data dan Informasi Kebencanaan BPBD DKI Jakarta Mohamad Yohan ketika membuka PJT 2024 di Tambora, Jakarta Barat, Sabtu.
.
Yohan juga menjelaskan selain menciptakan kota yang tangguh, pameran ini juga memiliki latarbelakang untuk mewujudkan visi Jakarta menuju kota global.
 
"Dengan masyarakat Jakarta yang heterogen memiliki berbagai potensi ancaman bencana seperti banjir, kebakaran di wilayah perkotaan, gempa bumi, dan bencana lainnya karena itu diperlukan kesiapsiagaan dan ketangguhan masyarakat dalam menghadapi bencana, " ucapnya.
Simulasi penyelamatan korban banjir yang dilakukan oleh petugas BPBD DKI Jakarta saat acara PJT 2024 di Tambora, Jakarta Barat, Sabtu (15/6/2024). ANTARA/Youtube/@bpbddkijakarta/Ilham Kausar


Selain itu, Yohan menyebut ada tiga tujuan lain dalam pameran kebencanaan ini.
 
"Pertama ingin menunjukkan kesiapan prasarana dan sarana penanggulangan bencana, kedua ikut meningkatkan edukasi dan literasi kebencanaan, dan yang ketiga untuk mewujudkan ketangguhan masyarakat dalam penanggulangan bencana, " ucapnya.
 
Pameran Jakarta Tangguh (PJT) 2024 sendiri merupakan rangkaian acara HUT ke-497 DKI Jakarta yang mengambil tema 'Aksi bersama mewujudkan Jakarta sebagai Kota Global tangguh bencana'.
 
Acara yang digelar di Season City Trade Mall Tambora, Jakarta Barat, sejak pukul 06.00-12.00 WIB ini juga menampilkan sejumlah simulasi penanganan bencana, kendaraan-kendaraan bencana, dan pameran kebencanaan lainnya.
Baca juga: BPBD DKI: Perhelatan Jakarta Tangguh 2024 bukan sekedar ajang pamer
Baca juga: Mengisi akhir pekan, ini rekomendasi acara menarik di Jakarta
Baca juga: BPBD DKI antisipasi air pasang di Jakarta Utara

Pewarta: Ilham Kausar
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2024