Berlin (ANTARA) - Kejuaraan sepak bola UEFA EURO 2024 diperkirakan akan mendatangkan tambahan 1 miliar euro atau setara 1,07 miliar dolar AS untuk perekonomian Jerman dari kedatangan suporter, ungkap lembaga riset ifo Institute for Economic Research Jerman pada Jumat (14/6).

Sekitar 600.000 wisatawan internasional tambahan diperkirakan akan mengunjungi Jerman untuk menyaksikan pesta sepak bola Eropa itu, yang akan menghasilkan 1,5 juta tambahan keterisian hotel selama turnamen tersebut, kata Peneliti ifo Gerome Wolf, sembari menambahkan bahwa ajang itu akan meningkatkan penjualan dalam industri perhotelan di Jerman.

Perkiraan penjualan yang disumbangkan oleh suporter sepak bola asing diperkirakan akan meningkatkan output ekonomi Jerman sekitar 0,1 persen pada kuartal kedua, meskipun ekspor jasa usai EURO 2024 akan kembali turun ke tingkat normal pada kuartal ketiga, papar Wolf.
 
Foto yang diambil pada 7 Juni 2024 ini menunjukkan pemandangan interior Olympiastadion Berlin di Berlin, ibu kota Jerman. (Xinhua/Inaki Esnaola)   


Hotel dan restoran di kota-kota tuan rumah EURO 2024 yakin akan ada peningkatan bisnis selama gelaran turnamen tersebut, dengan hampir satu dari dua di antaranya mengharapkan hasil positif dari kejuaraan sepak bola tersebut, menurut survei yang dilakukan oleh Asosiasi Hotel dan Restoran Jerman (DEHOGA)

"Meskipun tidak semua kota tuan rumah mendapat manfaat langsung dari pesta akbar olahraga semacam ini, potensi dampak positif dalam mencerahkan situasi negara dan memperkuat Jerman sebagai tujuan wisata tidak boleh dianggap remeh," kata Presiden DEHOGA Guido Zoellick.

Ini adalah pertama kalinya Jerman menjadi tuan rumah acara sepak bola besar sejak Piala Dunia FIFA 2006, yang pernah dilabeli warga Jerman sebagai "dongeng musim panas". 


 

Pewarta: Xinhua
Editor: Ade irma Junida
Copyright © ANTARA 2024