Benar, ribuan masyarakat pengikut Tarekat Syattariyah Abu Habib Muda Seunagan sudah merayakan Idul Adha mulai hari ini
Nagan Raya (ANTARA) - Ribuan warga Kabupaten Nagan Raya, Provinsi Aceh, pada Sabtu, sudah merayakan Idul Adha 1445 Hijriah/2024 dengan melaksanakan ibadah Shalat Id yang dipusatkan di Masjid Peuleukung, Desa Peuleukung, Kecamatan Seunagan Timur, kabupaten setempat. 

“Benar, ribuan masyarakat pengikut Tarekat Syattariyah Abu Habib Muda Seunagan sudah merayakan Idul Adha mulai hari ini,” kata Kepala Dinas Syariat Islam Kabupaten Nagan Raya Wahidin kepada ANTARA, Sabtu.

Menurutnya, perbedaan Hari Raya Idul Adha di tengah masyarakat di Kabupaten Nagan Raya memang sudah lumrah terjadi dan fenomena ini telah berlangsung lama serta sudah turun-temurun.

Wahidin mengatakan meski perayaan Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah berbeda dengan ketetapan pemerintah, masyarakat Muslim di Kabupaten Nagan Raya sangat memakluminya.

Baca juga: Masjid Al-Azhar Shalat Idul Adha Minggu 16 Juni, merujuk wukuf Arafah

Menurutnya, kehidupan masyarakat di daerah tersebut juga hidup secara rukun, saling menghormati, aman, dan damai.

Wahidin menyebutkan perbedaan perayaan Hari Raya Idul Adha pada masyarakat Nagan Raya hanya merupakan soal keyakinan dan masyarakat Nagan Raya sangat memaklumi perbedaan yang selama ini terjadi.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nagan Raya juga mengimbau kepada masyarakat agar dapat hidup dengan rukun dan tetap menghormati perbedaan pelaksanaan Hari Raya Idul Adha pada tahun ini.

Baca juga: Kemenag pantau hilal Zulhijah 1445 Hijriah di 114 titik pada 7 Juni
Baca juga: Kemenag optimistis Idul Adha 1445 H jatuh pada 17 Juni 2024 mendatang


 

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2024