Jakarta (ANTARA) - Ganda putra Indonesia Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan menuntaskan laga rubber game ketat demi melaju ke babak final Australian Open 2024.

Kepastian itu didapatkan setelah Hendra/Ahsan membungkus kemenangan atas pasangan Taiwan Chen Zhi Ray/Lin Yu Chieh 21-14, 17-21, 21-11 pada babak semifinal yang digelar di Quaycentre, Sydney, Australia, Sabtu.

Mengenai jalannya pertandingan, pasangan yang akrab dijuluki “The Daddies” itu mampu tampil dominan pada gim pertama. Pasangan Chen/Lin cukup kesulitan dalam mengantisipasi serangan-serangan dari satu-satunya wakil ganda putra Indonesia tersebut.

Beralih ke gim kedua, wakil Taiwan mampu memegang kontrol permainan dengan baik. Mereka bahkan sempat unggul jauh 9-4 sebelum akhirnya Hendra/Ahsan mencoba menyusul, dan interval gim kedua diraih oleh Chen/Lin 11-9.

Selepas turun minum, perebutan angka berlangsung lebih sengit. The Daddies dapat menyamakan kedudukan 16-16, sebelum pada akhirnya lawan meraih empat poin beruntun dan merebut matchpoint pertama dan memaksakan adanya gim ketiga.

Sempat berlangsung cukup alot di awal gim ketiga, Hendra/Ahsan segera tidak menyia-nyiakan kesempatan mereka untuk mengambil alih kendali permainan.

Baca juga: Ester melangkah ke babak final Australian Open 2024

Dominasi wakil Indonesia pun tidak terbendung dan gim ketiga dimenangkan dengan skor cukup jauh 21-11 oleh The Daddies.

Dengan ini, maka Indonesia sudah mengamankan dua tempat di babak final turnamen BWF Super 500 Australian Open 2024.

Selain Hendra/Ahsan, tunggal putri Ester Nurumi Tri Wardoyo melanjutkan langkahnya ke partai puncak setelah meraih kemenangan atas unggulan ketiga asal Taiwan Pai Yu Po di babak semifinal melalui dua gim langsung, 21-15, 21-16.

Sementara itu, masih ada ganda putri Febriana Dwipuji Kusuma/Amallia Cahaya Pratiwi yang siap untuk mengantisipasi kekuatan wakil tuan rumah Setyana Mapasa/Angela Yu pada babak semifinal yang digelar pada hari ini.

Baca juga: Hendra/Ahsan tak ingin kendurkan fokus di semifinal Australian Open
Baca juga: Ana/Tiwi siap antisipasi wakil tuan rumah di semifinal Australia Open


Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2024