Jakarta (ANTARA) -
Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini memberikan bantuan pengeboran air tanah dan pemasangan instalasi pengolahan air bersih di Kabupaten Lebak dan Pandeglang, Provinsi Banten.

“Kami sudah menurunkan tim dan melakukan survei. Kemensos sudah menemukan sumber air dengan kapasitas yang cukup besar. Pengeboran yang kami lakukan, semoga bisa segera selesai,” kata dia dalam rilis yang disiarkan Kementerian Sosial di Jakarta, Sabtu.

Ia menjelaskan bantuan tersebut guna mengatasi kesulitan air bersih yang sering dihadapi masyarakat di dua kabupaten ini.
 
Berdasarkan Dokumen Kajian Risiko Bencana Nasional Provinsi Banten 2022-2026, ia menyebutkan, Kabupaten Lebak dan Pandeglang berpotensi mengalami kerugian ekonomi tertinggi akibat bencana kekeringan.

Ia menyebut 384.851 warga miskin berpotensi terdampak bencana kekeringan di daerah itu.

Baca juga: Mensos janji bangun sumur bor di Aceh Utara, atasi air bersih langka
 
Berdasarkan data tersebut, ia mengaku, segera menerjunkan tim guna membangun instalasi air bersih sebagai upaya mencegah timbulnya kantong-kantong kemiskinan baru jika kelompok masyarakat tersebut terdampak kekeringan.
 
Warga di dua kabupaten yang didatangi Risma tersebut, umumnya menggunakan mata air di hutan dan sumur untuk memenuhi kebutuhan air sehari-hari.
 
Akan tetapi, saat musim kemarau pada Juni-Oktober, mata air dan sumur menjadi kering sehingga warga terpaksa harus membeli air bersih, karena aliran air PDAM belum masuk wilayah mereka.
 
Kementerian Sosial kemudian melakukan pencarian sumber air bersih melalui pengeboran dengan teknologi geolistrik.

Air hasil pengeboran akan ditampung di dua tandon air dengan kapasitas 10.000 liter dan cukup untuk memenuhi kebutuhan air bagi 115 keluarga.

Selain itu, pihaknya memberikan pengadaan listrik PLN 2.200 VA sebagai sumber listrik.

Baca juga: Kemensos berikan bantuan sosial kepada 378 lansia di Biak Numfor
Baca juga: Mensos Risma beri bantuan kewirausahaan bagi 25 mitra derad 

Pewarta: Hana Dewi Kinarina Kaban
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2024