Jakarta (ANTARA) - Ganda putri Indonesia Febriana Dwipuji Kusuma/Amallia Cahaya Pratiwi maju ke babak final Australian Open 2024 setelah menumbangkan wakil tuan rumah di partai semifinal, Sabtu.

Ana/Tiwi yang turun sebagai unggulan kedua dalam turnamen ini memenangkan laga empat besar atas Setyana Mapasa/Angela Yu dalam dua gim langsung 21-13, 21-7, yang digelar di Quaycentre, Sydney, Australia.

Sejak gim pertama, pasangan Indonesia langsung memegang kontrol permainan atas pasangan Australia.

Laju Ana/Tiwi tak mampu dibendung sehingga mereka terus unggul atas Mapasa/Yu di awal gim pertama dengan skor 9-4 dan berlanjut hingga 14-7, 17-10.

Meski unggul jauh, peraih medali emas SEA Games 2023 Kamboja itu tidak lengah dan tetap menjaga fokus mereka, hingga akhirnya memenangkan gim pertama dengan skor 21-13.

Berlanjut ke gim kedua, Ana/Tiwi semakin percaya diri dalam melancarkan serangan-serangan mereka yang bervariasi.

Finalis Thailand Open 2024 itu pun unggul jauh 12-4 atas pasangan tuan rumah dan terus mendominasi jalannya pertandingan.

Baca juga: Hendra/Ahsan tuntaskan rubber game dan maju ke final Australian Open

Lawan pun terlihat kesulitan dalam mengantisipasi dan mengembalikan bola-bola dari Ana/Tiwi, hingga akhirnya wakil Indonesia menang mudah dengan skor 21-7.

Dengan ini, maka Indonesia memiliki tiga wakil yang akan berlaga di babak final turnamen BWF Super 500 Australian Open 2024, Minggu (16/6).

Selain Ana/Tiwi, ada ganda putra Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan yang maju ke partai puncak setelah memenangkan laga rubber game atas pasangan Taiwan Chen Zhi Ray/Lin Yu Chieh melalui rubber game 21-14, 17-21, 21-11.

Lebih lanjut, tunggal putri Ester Nurumi Tri Wardoyo melanjutkan langkahnya ke partai puncak setelah meraih kemenangan atas unggulan ketiga asal Taiwan Pai Yu Po di babak empat besar hari ini dalam dua gim langsung 21-15, 21-16.

Baca juga: Ester melangkah ke babak final Australian Open 2024
Baca juga: Tiga wakil Indonesia lanjutkan langkah ke semifinal Australian Open


Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2024