Jakarta (ANTARA) - Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Suva, Fiji, pada Sabtu, menyelenggarakan agenda jalan santai (fun walk) sebagai rangkaian dari peringatan 50 tahun hubungan bilateral antara Indonesia dan Fiji.

Duta Besar RI untuk Fiji Dupito D. Simamora mengatakan, agenda yang digelar melalui kerja sama dengan Fiji-Indonesia Friendship Association (FIFA) tersebut merupakan perlambang perjalanan panjang hubungan bilateral yang saling menguntungkan kedua negara.

“Fun walk ini bertujuan menyatukan komunitas untuk merayakan perjalanan besar ini dan sebagai janji untuk terus menjalin persahabatan dan kerja sama di masa mendatang,” kata Dupito, sebagaimana pernyataan tertulis yang diterima di Jakarta.

Selain Dupito, acara tersebut turut dibuka oleh Penjabat Presiden Fiji Salesi Temo serta Ketua FIFA dan mantan duta besar Fiji untuk Indonesia Tui Cavuilati.

Peserta memulai jalan santai pukul 7 pagi waktu setempat dari Albert Park Lower Hall di Suva, kemudian menyusuri Queen Elizabeth Drive menuju Suzuki Park, sebelum kembali ke titik akhir perjalanan di Albert Park, di mana peserta disajikan makanan ringan.

Acara tersebut diikuti oleh lebih dari 300 orang yang berasal dari anggota korps diplomatik, pejabat pemerintah Fiji, alumni Beasiswa Indonesia untuk Fiji, pelajar setempat, serta komunitas WNI di Fiji.

Dupito turut menyoroti kehadiran siswa Queen Victoria School, yang mendapat bantuan rehabilitasi dari Pemerintah RI setelah rusak akibat Siklon Winston tahun 2016, sebagai bukti eratnya hubungan bilateral dan langgengnya kerja sama bertimbal balik antara Indonesia dan Fiji.

Selain melalui acara jalan santai, KBRI Suva juga menyelenggarakan sejumlah agenda lain untuk memperingati setengah abad hubungan Indonesia dan Fiji.

Agenda tersebut di antaranya penyerahan hibah peralatan medis untuk pemberdayaan komunitas pedesaan Fiji, pelaksanaan seminar bertema kerja sama Indonesia-Fiji bersama Fiji National University, serta peluncuran Fiji-Indonesia Friendship Association.

Baca juga: Indonesia perkenalkan keramba dan rumpon ikan ke Fiji dan Madasgaskar
Baca juga: Indonesia tandatangani perjanjian hibah untuk Solomon dan Fiji
Baca juga: Indonesia, Fiji sepakat majukan kerja sama ekonomi di Pasifik

 

Pewarta: Nabil Ihsan
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2024