Jakarta (ANTARA) -
Pertandingan Amartha Hangtuah Jakarta (AHT) melawan Rajawali Medan (RJM) berlangsung sengit pada kuarter pertama dan kedua dalam lanjutan laga Indonesian Basketball League (IBL) 2024 di GOR Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Jakarta, Sabtu siang.
 
Dalam laga itu, Pelatih Amartha Hangtuah Jakarta Wahyu Widayat Jati menurunkan Kelly Purwanto, Ayodele Kolawole, Govinda, Thomas De Thaey, dan Fisyaiful Amir sebagai starter.
 
Sedangkan Pelatih Rajawali Medan Raoul Miguel Hadinoto memasang Respati Ragil Pamungkas, Julius Cesar Wongso, Jabari bird, Patrick James McGlynn, dan Padre Taranngiar Hosbach untuk awal laga.
 
Pada kuarter pertama, RJM mencoba mengambil alih permainan dengan membuka skor melalui tembakan dua angka Padre Hosbach.
 
Point guard senior milik AHT Kelly mencoba membalas melalui tembakan tiga angka, tetapi lemparannya tidak memenuhi harapan.
 
Pemain RJM tampak mulai tenang untuk mengatur tempo permainan. Terbukti, Bird mampu melepas tembakan tiga angka dengan indah guna menambah keunggulan menjadi 5-0.
 
Kolawole yang menjadi andalan Amartha mencoba gerakan two step yang dilanjutkan dengan one hand shoot, tetapi upaya itu gagal memperkecil skor.
 
Baca juga: IBL ikuti ISFEX 2024, representasi kemajuan industri olahraga basket

Di sisa waktu 4 menit kuarter pertama, McGlynn justru melepas three point yang semakin memperbesar skor keunggulan RJM menjadi 17-11.
 
Center AHT Thomas De Thaey tidak tinggal diam melihat keunggulan lawannya. Under basket yang dilakukannya tidak mampu diredam oleh Bird dan McGlynn.
 
Bigman asal Belgia itu bahkan menambah skor untuk timnya melalui dua free throw yang didapatnya usai dilanggar oleh pemain Rajawali.
 
Kolawole turut menambah poin untuk memperkecil skor menjadi 18-20 melalui satu jump shoot dua angka dan sekali tembakan three point.
 
Jonas Zohore yang baru dimasukkan pelatih Rajawali di sisa 3 menit akhir kuarter pertama, memperlebar jarak menjadi 22-18 melalui lay up.
 
Aksi itu dibalas oleh Diftha Pratama dengan tembakan tiga angka, sekaligus menutup kuarter pertama menjadi 21-22.
 
Pada kuarter kedua, Diftha kembali three point dan membalikkan skor menjadi 24-21. Bird membalas dengan melakukan dunk indah sehingga menyamakan skor menjadi 24-24.
 
Kejar-kejaran skor terus terjadi hingga sisa waktu 5 menit.
 
Pada sisa waktu itu, kejar-kejaran skor mulai terhenti karena AHT mulai mengambil alih permainan.
 
Kolawole kembali melakukan three point yang memperlebar jarak menjadi 36-27.
 
Sejumlah turnovers seperti operan salah Hendra ke Ragil membuat permainan RJM goyah.
 
Pemain Amartha semakin menguasai sehingga skor terus berjarak jauh menjadi 48-39 untuk keunggulan klub tersebut.

Baca juga: Pelatih targetkan Dewa United puncaki klasemen akhir IBL
Baca juga: Satria Muda tutup peluang Hawks melaju ke playoff

Pewarta: Donny Aditra
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2024