Kami akan gunakan AI untuk mengatur Turyapada Tower itu, bagaimana kunjungan wisatawannya, memberikan informasi, dan kondisi jalan sekitarnya
Denpasar (ANTARA) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bali merancang penerapan artificial intelligence (AI) atau teknologi kecerdasan buatan di menara pemancar Turyapada Tower, di Kabupaten Buleleng, yang sedang digarap saat ini.

“Kami akan gunakan AI untuk mengatur Turyapada Tower itu, bagaimana kunjungan wisatawannya, memberikan informasi, dan kondisi jalan sekitarnya agar tidak menumpuk di sana,” kata Kepala Diskominfos Bali I Gede Pramana di Denpasar, Sabtu.

Pramana yang diwawancara usai Seminar Artificial Intelligence di KEK Kura-kura Bali itu berharap dengan menggunakan bantuan teknologi baru, ada penyebaran wisatawan di destinasi sekitar Turyapada Tower.

Terkait anggarannya, Pemprov Bali menyiapkan dana khusus, sebab jika tidak dilakukan maka Bali akan tertinggal jauh.

Kepala Diskominfos Bali menyampaikan proyek menara setinggi 146 meter itu saat ini sudah mencapai 98 persen progresnya.

Baca juga: Diskominfos Bali sebut proyek Turyapada Tower selesai 4 Juli 2024

Baca juga: Diskominfos: Pembangunan menara Turyapada capai 70 persen akhir tahun


Pemprov Bali sedang melakukan proses-proses uji coba terhadap proyek pemancar tersebut, setelah itu menghubungkan dengan jaringan siaran televisi dan menyelesaikan sejumlah bangunan pendukung.

Diketahui selain menara pemancar, Turyapada Tower di Kecamatan Sukasada Buleleng itu akan berisi daya tarik wisata dan pertumbuhan ekonomi melalui wahana edukasi berupa planetarium, laboratorium pendidikan, sky walk, restoran putar, jembatan kaca, museum komunikasi dan fasilitas glamping.

“Sekarang tinggal jembatan kaca karena memang memerlukan ketelitian yang benar dan ornamen-ornamen bali. Itu yang masih berat kami kerjakan mudah-mudahan cuaca tidak mengganggu, doakan tanggal 4 Juli bisa selesai semua,” ujar Pramana.

Di Pemprov Bali sendiri menurutnya saat ini teknologi AI baru diterapkan untuk menganalisa respons masyarakat terhadap kebijakan pemerintah daerah, dimana menurutnya ke depan akan dikembangkan ke sektor pariwisata.

Baca juga: Penyelesaian proyek Turyapada Tower di Bali mundur jadi 27 Maret 2024

Baca juga: Pemprov Bali menargetkan Turyapada Tower rampung 26 Desember 2023

Pewarta: Ni Putu Putri Muliantari
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2024