Pesta Kesenian Bali tahun ini berlangsung 15 Juni-13 Juli 2024 melibatkan 13.515 seniman dari 275 kelompok seni
Denpasar (ANTARA) - Menteri Agraria Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mewakili Presiden Joko Widodo membuka pawai Pesta Kesenian Bali (PKB) XLVI 2024 di Denpasar, Sabtu.

“Dengan restu Tuhan dan atas nama Pemerintah Indonesia saya menyampaikan salam dari Pak Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin saya membuka secara resmi pawai Pesta Kesenian Bali 2024,” ucapnya diikuti dengan pemukulan kulkul.

AHY yang hadir menggunakan pakaian adat Bali berwarna biru muda itu tiba sekitar pukul 16.00 WITA dengan menggunakan mobil hias didampingi Menteri PPPA Bintang Puspayoga dan Wamenparekraf Angela Tanoesoedibjo menyampaikan kekagumannya atas pelaksanaan pesta seni yang bertahan sejak tahun 1979.

Selain itu, tema Jana Kerthi Paramaguna Wikrama atau harkat martabat manusia unggul menurutnya kontekstual dengan semangat pemerintah membangun manusia unggul menuju Indonesia emas.

“Tema ini jadi ruang peneguhan ekspresi, dengan menjunjung seni budaya sendiri kita telah meneguhkan jati diri, seperti Bali dengan masuknya banyak budaya asing tetap kokoh seperti batu karang,” ujar Menteri ATR/BPN.

Ia juga tak meragukan status Pesta Kesenian Bali yang masuk 10 besar Karisma Event Nusantara, sebab di dalamnya ada seni dari beragam daerah dan negara yang ikut terlibat.

Penjabat (Pj) Gubernur Bali Sang Made Mahendra Jaya menyampaikan dalam PKB XLVI terdapat delapan negara yang terlibat pada sesi Bali World Culture Celebration, serta diikuti seniman di luar Provinsi Bali.

“Delapan negara sahabat yang berpartisipasi yaitu Amerika Serikat, Tiongkok, India, Jepang, Hongkong, Ukraina, dan Malaysia, juga diikuti seniman berbagai daerah di Indonesia yaitu Jakarta, Depok, Lampung Barat, Yogjakarta, Sumatera Selatan, Kupang, Jambi, Surakarta, dan Kalimantan Tengah,” katanya.

Pemprov Bali melaporkan setelah pawai PKB XLVI resmi dibuka dilanjutkan dengan 10 jenis pementasan sebulan penuh di Taman Budaya Art Center, Denpasar.

Pesta Kesenian Bali tahun ini berlangsung 15 Juni-13 Juli 2024 melibatkan 13.515 seniman dari 275 kelompok seni.

Pewarta: Ni Putu Putri Muliantari
Editor: M. Tohamaksun
Copyright © ANTARA 2024