Ini adalah grup yang berat dan yang terpenting kami menyadarinya
Jakarta (ANTARA) - Bek Timnas Kroasia, Josko Gvardiol menyebut bahwa negaranya tergabung dalam grup yang berat dan persaingan untuk lolos ke fase gugur akan sangat ketat.
 
Kroasia masuk dalam Grup B bersama Spanyol, Italia dan Albania. Spanyol sendiri telah tiga kali menjuarai kompetisi ini pada 1964, 2008 dan 2012, sedangkan Italia telah dua kali menjadi juara pada1968 dan di edisi terakhir (2020).
 
Sementara itu, Albania juga tidak bisa dianggap remeh setelah berhasil lolos ke putaran final Euro 2024 sebagai juara Grup E dengan unggul atas Republik Ceko, Polandia, Moldova dan Kepulauan Faroe.

Baca juga: Spanyol vs Kroasia: adu kesabaran dan penguasaan bola
 
"Ini adalah grup yang berat dan yang terpenting kami menyadarinya," ujar bek Manchester City itu di situs UEFA pada Sabtu.
 
Kroasia akan memulai Grup B melawan Spanyol di Stadion Olimpiade Berlin pada pukul 23.00 WIB. Pada Euro edisi sebelumnya, Kroasia disingkirkan Spanyol di babak 16 besar dengan skor 5-3.
 
"Kami memang selalu kesulitan melawan Spanyol, tetapi sebuah kehormatan bisa menghadapi mereka karena negara sepak bola yang besar," kata pemain berusia 22 tahun itu.
 
Dia mewaspadai cara bermain Spanyol yang terkenal dengan penguasaan bola mereka dan menyebut pertandingan antara Kroasia dan Spanyol bakal berlangsung seru.

Baca juga: Spanyol andalkan duet sayap belia Yamal dan Nico saat hadapi Kroasia
 
Sedangkan, Gvardiol juga menyebut Italia yang kuat dengan diisi para pemain berkualitas. Namun, dia kini fokus lebih dahulu ke pertandingan pertama (melawan Spanyol).
 
"Hal yang sama berlaku untuk Italia. Mereka mempunyai kualitas yang tidak perlu diragukan lagi dalam skuadnya," ungkapnya.
 
"Saya hanya fokus pada pertandingan pertama (melawan Spanyol). Ini adalah pertandingan pembuka kompetisi baru dan semua orang tentu saja sedikit berhati-hati. Itu sebabnya menurut saya game pertama adalah yang paling sulit."

Baca juga: Jadwal Pertandingan Grup B Piala Eropa 2024
Baca juga: Suporter Kroasia bertebaran di Berlin
Baca juga: Suporter Spanyol yakin La Furia Roja kalahkan Kroasia

Pewarta: Hendri Sukma Indrawan
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2024