Penjaringan calon kepala daerah yang akan diusung oleh PKB itu sebelumnya dilakukan secara online atau daring
Rejang Lebong, Bengkulu (ANTARA) - Dewan Pengurus Pusat Partai Kebangkitan Bangsa (DPP PKB) memberikan rekomendasi penunjukan calon kepala daerah pada Pilkada serentak 2024 di wilayah itu yang akan diusung partai tersebut.

Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PKB Kabupaten Rejang Lebong Sanusi Pane di Rejang Lebong, Sabtu, mengatakan rekomendasi DPP PKB untuk Pilkada Kabupaten Rejang Lebong tahun 2024 diberikan kepada Syamsul Effendi yang saat ini masih menjabat sebagai Bupati Rejang Lebong periode 2020-2024.

"Rekomendasi dari DPP PKB pada hari ini sudah kami serahkan langsung kepada Pak Syamsul Effendi. DPP PKB memberikan nilai plus, dan secara resmi mengusungnya untuk maju sebagai calon Bupati Rejang Lebong pada Pilkada 2024," kata dia.

Dia menjelaskan surat keputusan DPP PKB tentang penetapan tahap I Drs Syamsul Effendi MM sebagai bacalon kepala daerah Kabupaten Rejang Lebong periode 2024-2029, bernomor 30093/DPP/01/2024 tertanggal 8 Juni 2024, ditanda tangani Sekjen DPP PKB M Hasanuddin Wahid dan ketua bidang penguatan struktur, eksekutif dan legislatif A Halim Iskandar.

Penyerahan SK DPP PKB ini, kata dia, diserahkan pihaknya kepada yang bersangkutan di kediaman pribadi Syamsul Effendi di Desa Perbo, Kecamatan Curup Utara.

Baca juga: Forum Komunikasi Penggerak Desa Jateng dukung Sudaryono di pilgub
Baca juga: Bakal calon peserta Pilkada Surakarta jalin komunikasi politik 


Penjaringan calon kepala daerah yang akan diusung oleh PKB itu sebelumnya dilakukan secara online atau daring, di mana sejumlah nama ikut mendaftarkan diri.

Sementara itu Syamsul Effendi saat menerima SK penugasan PKB untuk maju di Pilkada serentak Tahun 2024 di wilayah itu mengatakan siap maju kembali di Pilkada Bupati Rejang Lebong periode 2024-2029.

"Alhamdulillah, PKB hari ini secara resmi memberikan rekomendasi kepada saya untuk maju dalam Pilkada Rejang Lebong. Kami memberikan apresiasi setinggi-tingginya," kata dia.

Menurut dia, untuk maju dalam Pilkada Kabupaten Rejang Lebong ini minimal harus diusung oleh enam kursi dewan, sedangkan PKB memiliki tiga kursi dewan sehingga harus koalisi dengan partai politik lainnya guna mencukupi enam kursi.

Dia berharap dalam waktu dekat ini juga akan ada beberapa partai politik lainnya yang akan memberikan rekomendasi kepada dirinya untuk kembali bertarung di pilkada setempat.

Di lain pihak, Hendra Wahyudiansyah yang juga Wakil Bupati Rejang Lebong pasangan Syamsul Effendi saat ini juga tengah menunggu rekomendasi dari beberapa partai politik yang membuka penjaringan calon kepala daerah di wilayah itu.

Selain Hendra Wahyudiansyah, nama lainnya yang sudah menyatakan akan maju dalam Pilkada Rejang Lebong ialah M Fikri Thobari ketua DPD PAN Rejang Lebong, di mana partai PAN memiliki lima kursi di DPRD Rejang Lebong.

Kemudian di Partai Gerindra yang juga memiliki lima kursi dewan telah menyiapkan kadernya untuk menjadi bakal calon bupati/wakil bupati yakni Juhendra Siregar, Visco Putra Alexander dan Padapotan Siregar serta enam orang pendaftar lainnya.

Pewarta: Nur Muhamad
Editor: Indra Gultom
Copyright © ANTARA 2024