Semarang, Jawa Tengah (ANTARA) - Berbagai peristiwa ekonomi mewarnai pemberitaan ANTARA selama sepekan pada 9-15 Juni 2024 mulai dari kendaraan listrik di IKN mulai beroperasi Agustus 2024 hingga BP Tapera bantah dana Tapera digunakan untuk pembangunan IKN.

Berikut rangkuman berita ekonomi sepekan yang layak disimak lagi pada Minggu:

Kendaraan listrik di IKN mulai beroperasi Agustus 2024

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan transportasi massal berbasis listrik (electric vehicle) di Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur mulai beroperasi pada Agustus 2024.

"Kita pikir penerapan electric vehicle di IKN relatif sudah bisa terlaksana dalam bulan Agustus nanti," kata Menhub Budi.

Baca selengkapnya di sini

OJK hentikan 900 lebih aktivitas pinjol dan investasi ilegal

Satuan Tugas Pemberantasan Aktivitas Keuangan Ilegal (Satgas Pasti) Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menghentikan sebanyak 915 entitas keuangan ilegal pada periode 1 Januari sampai dengan 31 Mei 2024.

Kepala Eksekutif Pengawas Perilaku Pelaku Usaha Jasa Keuangan, Edukasi, dan Pelindungan Konsumen OJK Friderica Widyasari Dewi mengatakan total entitas keuangan ilegal yang berhasil diberantas tersebut terdiri dari 19 investasi ilegal, dan 896 pinjaman online (pinjol) ilegal.

Baca selengkapnya di sini

Menhub sidak kelaikan jalan bus pariwisata di TM Ragunan Jakarta

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi melakukan inspeksi mendadak (sidak) terkait kelaikan jalan bus pariwisata di kawasan wisata Taman Margasatwa Ragunan Jakarta Selatan, Minggu.

Menhub menemukan bahwa beberapa bus pariwisata yang tidak memiliki kelengkapan surat-surat, seperti uji kendaraan bermotor atau KIR dan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) tetap beroperasi mengangkut penumpang. Selanjutnya, bus-bus tersebut tidak akan dibiarkan beroperasi atau ditahan.

Baca selengkapnya di sini

Indonesia tawarkan pengembangan KA perkotaan Bandung ke investor

Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menawarkan rencana pengembangan kereta api (KA) perkotaan Bandung kepada investor saat mengikuti pameran di China.

"KA Perkotaan Bandung dipilih menjadi salah satu proyek yang ditawarkan mengingat perannya yang sangat strategis untuk mengakomodasi mobilitas masyarakat yang tinggi," kata Direktur Jenderal Perkeretaapian Kemenhub Risal Wasal.

Baca selengkapnya di sini

BP Tapera bantah dana Tapera digunakan untuk pembangunan IKN

Badan Pengelola Tabungan Perumahan Rakyat (BP Tapera) membantah dana Tapera digunakan untuk pembangunan Ibu Kota Nusantara atau IKN tapi murni digunakan kembali dan untuk memberikan manfaat hanya kepada peserta Tapera.

"Tidak ada hubungannya sekali antara dana dari peserta Tapera dengan pembangunan IKN, mohon maaf mungkin dari persepsi kami," ujar Deputi Komisioner Bidang Pengerahan Dana Tapera BP Tapera Sugiyarto.

Baca selengkapnya di sini

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2024