Melalui kegiatan pengobatan gratis saya bisa melihat langsung kondisi masyarakat Tanjung Harapan Desa Mubung
Kapuas Hulu (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu memberikan pelayanan kesehatan secara gratis untuk daerah terpencil di wilayah Kapuas Hulu, Provinsi Kalimantan Barat.

"Pengobatan gratis untuk daerah terpencil itu untuk membantu masyarakat mendapatkan pemeriksaan dari dokter dan ketersediaan obat yang selama ini berada di tengah keterbatasan," kata Bupati Kapuas Hulu Fransiskus Diaan, usai membuka pengobatan gratis di Tanjung Harapan Desa Mubung, Kecamatan Hulu Gurung, Kapuas Hulu, Minggu.

Baca juga: Menkes: Urus STR tenaga medis dan kesehatan tidak dipungut biaya

Fransiskus mengatakan, masyarakat di daerah terpencil memerlukan sentuhan layanan kesehatan, sehingga pemerintah daerah menyediakan program pengobatan gratis dengan membawa langsung dokter untuk melayani masyarakat.

Ia berharap agar layanan pengobatan gratis tersebut dapat membantu meringankan beban masyarakat dan mewujudkan masyarakat yang sehat.

Fransiskus juga berpesan agar masyarakat tetap menjaga pola makan dan pola hidup yang bersih dan sehat, baik dari lingkungan keluarga maupun lingkungan masyarakat.

"Melalui kegiatan pengobatan gratis saya bisa melihat langsung kondisi masyarakat Tanjung Harapan Desa Mubung," katanya.

Fransiskus menjelaskan, masyarakat di Tanjung Harapan memerlukan sentuhan pembangunan seperti pendidikan dan infrastruktur jalan.

Baca juga: Polda Sultra adakan operasi katarak dan sunatan massal gratis

Dari beberapa usulan masyarakat tersebut, Fransiskus menyatakan akan melakukan kajian untuk pendirian gedung sekolah beserta penempatan guru dan juga pembangunan infrastruktur.

"Yang jelas kami terus berupaya memperhatikan pembangunan yang dibutuhkan masyarakat dengan sesuai kemampuan keuangan daerah," katanya.

Sementara itu, Camat Hulu Gurung Baharudin mengatakan masyarakat Tanjung Harapan sangat menyambut antusias kedatangan Bupati Kapuas Hulu, apalagi dengan adanya pengobatan gratis masyarakat sangat terbantu

"Mewakili masyarakat kami sangat berterima kasih atas kunjungan Pak Bupati, karena kunjungan tersebut satu-satunya bupati yang baru berkunjung ke Tanjung Harapan dan suatu kehormatan bagi masyarakat kami," katanya.

Baca juga: Dinkes OKU buka posko kesehatan untuk korban banjir

Pewarta: Teofilusianto Timotius
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2024