Komitmen kami dalam mendukung program "Net Zero Emission" pemerintah tidak hanya diupayakan dengan berbagai langkah penerapan transisi energi dalam penyediaan listrik namun juga dalam bentuk melestarikan alam
Jayapura (ANTARA) - PT PLN Unit Induk Wilayah Papua dan Papua Barat gencar menerapkan program Net Zero Emission di wilayah setempat, salah satunya dengan menjaga kelestarian lingkungan sehingga nantinya berdampak pada pembangunan berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SGDs).

General Manager PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Papua dan Papua Barat Budiono di Jayapura, Minggu, mengatakan PLN ingin turut andil dalam meningkatkan taraf hidup masyarakat serta menjaga kelestarian lingkungan melalui program Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL).

Baca juga: KLHK kejar emisi dari sampah menjadi "net zero emission" pada 2050

"Komitmen kami dalam mendukung program Net Zero Emission pemerintah tidak hanya diupayakan dengan berbagai langkah penerapan transisi energi dalam penyediaan listrik namun juga dalam bentuk melestarikan alam, khususnya di Papua,” katanya.

Menurut Budiono,  Tanah Papua terkenal akan kekayaan hutannya sehingga pihaknya berharap dengan gencar melakukan penanaman di wilayah tersebut dapat mewujudkan program Net Zero Emission.

“Untuk itu kami berharap ini bisa menjadi kegiatan yang berkelanjutan sehingga ekosistem alam tetap seimbang tanpa mengganggu aspek kehidupan lainnya seperti kesehatan hingga perekonomian masyarakat,” ujarnya.

Baca juga: Hadiri IPEF, Airlangga tawarkan investasi infrastruktur berkelanjutan

Dia menjelaskan,  beberapa waktu lalu pihaknya bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda) melakukan penanaman di kawasan mangrove serta melakukan aksi bersih-bersih pantai.

“Kegiatan ini juga merupakan kepedulian pada alam sekitar nantinya akan memberikan manfaat yang kembali kepada seluruh masyarakat berupa ketersediaan air yang cukup atau terhindar dari berbagai bencana hingga kualitas udara yang bersih,” katanya.

Dia menambahkan, karena semuanya berkesinambungan oleh sebab itu pihaknya ingin hal itu bisa diimplementasikan oleh seluruh relawan pegawai PLN.

“Kami akan terus berkolaborasi dengan berbagai stakeholder aksi peduli lingkungan ini diharapkan dapat terus dilakukan agar kondisi alam tetap seimbang,” ujarnya.

Baca juga: RI-Korea Selatan jajaki kerja sama penurunan emisi karbon dalam IPEF

Pewarta: Qadri Pratiwi
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2024