Secara kumulatif, selama dua hari, Whoosh telah memberangkatkan sekitar 40 ribu penumpang atau rata-rata 20 ribu penumpang per hari. Angka ini lebih tinggi dari total penumpang di hari biasa yang berkisar di antara 15 sampai dengan 16 ribu penumpang
Bandung (ANTARA) - PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) menyebutkan sebanyak 75 ribu tiket kereta cepat Whoosh telah terjual selama periode libur panjang Idul Adha 1445 Hijriah.


GM Corporate Secretary PT KCIC, Eva Chairunisa mengatakan,  angka penjualan tiket Whoosh selama periode libur panjang ini meningkat sekitar 20 persen jika dibandingkan hari biasa, dimana KCIC melayani sebanyak 16 ribu penumpang,” kata Eva di Bandung, Minggu.


Eva mengungkapkan, peningkatan penumpang mulai terjadi sejak 14 Juni 2024. Di tanggal tersebut, jadwal keberangkatan di sore dan malam hari selepas pulang kerja menjadi salah satu incaran para penumpang dengan total sebanyak 19 ribu lebih penumpang telah diberangkatkan pada momen tersebut.

Kemudian pada 15 Juni, jumlah penumpang yang menggunakan Whoosh mengalami peningkatan menjadi 21 ribu lebih. Pada periode tersebut, tiket keberangkatan Halim dari pukul 06.40 WIB hingga 18.00 WIB seluruhnya habis terjual.

"Secara kumulatif, selama dua hari, Whoosh telah memberangkatkan sekitar 40 ribu penumpang atau rata-rata 20 ribu penumpang per hari. Angka ini lebih tinggi dari total penumpang di hari biasa yang berkisar di antara 15 sampai dengan 16 ribu penumpang per hari," kata Eva.

Dia memprediksi lonjakan jumlah penumpang masih akan terjadi hingga H-1 Idul Adha atau 16 Juni 2024.

KCIC menyediakan sebanyak 28.848 tempat duduk setiap harinya dengan mengoperasikan 48 perjalanan kereta cepat Whoosh selama selama periode libur tersebut.

Selain masyarakat yang akan berlibur bersama keluarga, di masa periode libur Idul Adha kali ini, KCIC juga dipadati penumpang rombongan. Sebanyak 60 rombongan tercatat menggunakan Whoosh.

Eva menyebut rata-rata setiap harinya terdapat 12 rombongan yang memilih Whoosh sebagai transportasi untuk menghabiskan libur akhir pekannya kali ini.

“Adapun total tiket yang telah terjual untuk penumpang rombongan mencapai lebih dari 1.500 tiket. Rombongan tersebut berasal dari perusahaan, pemerintahan, sekolah, tour and travel, dan masyarakat umum,” kata dia.

Baca juga: KCIC sediakan 28.848 tempat duduk per hari saat libur Idul Adha
Baca juga: Warga diminta tak terbangkan layang-layang di sekitar jalur Whoosh
Baca juga: Bandara Halim Perdanakusuma sediakan T-Shuttle ke Stasiun Kereta Cepat


Pewarta: Rubby Jovan Primananda
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2024