Dengan kolaborasi tersebut dapat meminimalisasi terjadinya karhutla serta saling sinergis melakukan penanggulangan apabila terjadi karhutla
Kapuas Hulu (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu bersama perusahaan perkebunan kelapa sawit berkolaborasi dalam pencegahan serta penanggulangan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di daerah tersebut.

"Kami bersama perusahaan sawit menggelar pelatihan pencegahan dan penanggulangan karhutla, sebagai langkah antisipasi dan upaya pencegahan untuk meminimalisasi terjadinya karhutla," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kapuas Hulu Gunawan, di Putussibau Kapuas Hulu, Minggu.

Baca juga: Hujan buatan disebar di Riau hingga awal Juli cegah karhutla

Gunawan menjelaskan, untuk di Kecamatan Badau khususnya daerah perbatasan Indonesia-Malaysia, sosialisasi dan pelatihan penanggulangan karhutla sudah dilakukan yang difasilitasi pihak perusahaan sebagai wujud komitmen dalam mencegah dan membantu pemerintah dalam hal penanggulangan karhutla.

Ia berharap, dengan kolaborasi tersebut dapat meminimalisasi terjadinya karhutla serta saling sinergis melakukan penanggulangan apabila terjadi karhutla.

"Harapan kita kolaborasi itu menjadi aksi nyata dalam mengurangi resiko terjadinya karhutla di Kapuas Hulu," katanya.

Sementara itu, perwakilan Kencana Group Estate Manager SRIE Kecamatan Badau Fransiscus Yanuar Avirio mengatakan pihaknya komitmen membantu pemerintah dalam penanggulangan maupun pencegahan karhutla.

Baca juga: BMKG ingatkan potensi kebakaran hutan dan lahan di Pulau Timor

Ia menuturkan bahwa karhutla dapat menimbulkan dampak negatif seperti kerusakan ekologis, menurunnya keanekaragaman hayati, perubahan iklim serta dapat menimbulkan kabu asap yang dapat mengganggu kesehatan masyarakat.

"Kami berharap dengan adanya sosialisasi dan pelatihan dapat meningkatkan kesadaran semua karyawan perkebunan sawit dan juga masyarakat di sekitarnya, sehingga memiliki rasa tanggungjawab yang sama dalam upaya pencegahan serta penanggulangan karhutla," ucap Yanuar.

Kegiatan sosialisasi dan pelatihan pencegahan serta penanggulangan karhutla melibatkan semua pihak, TNI, Polri, Mangala Agni, Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu serta pihak perusahaan perkebunan kelapa sawit Region Badau yaitu PT Buana Tuna Sejahtera, PT Sentrakarya Manunggal dan PT Mandala Intan Jaya yang tergabung dalam perusahaan Kencana Group.

Baca juga: Unja-APHI perkuat pengetahuan mahasiswa tentang pencegahan karhutla
 
Pemkab Kapuas Hulu dan perusahaan perkebunan kelapa sawit berkolaborasi melaksanakan sosialisasi serta pelatihan dalam upaya pencegahan serta penanggulangan kebakaran hutan dan lahan di wilayah Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat. ANTARA (Teofilusianto Timotius)

Pewarta: Teofilusianto Timotius
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2024