Jakarta (ANTARA) -
Perumda Pembangunan Sarana Jaya menggelar Lomba Tari Cipta Kreasi Betawi tingkat sekyolah Dasar (SD) dalam rangka menyemarakkan HUT Ke-497 Kota Jakarta pada 22 Juni 2024.
 
Lomba tari yang digelar di Jakarta pada Sabtu malam (15/6) itu merupakan hasil kolaborasi dengan Dinas Pendidikan DKI Jakarta dan Dinas Kebudayaan DKI Jakarta. Lomba melibatkan partisipasi aktif dari siswa/i SD di Jakarta.
 
Direktur Utama Perumda Pembangunan Sarana Jaya, Andira Reoputra dalam keterangannya di Jakarta, Ahad, mengatakan, lomba tari itu bertujuan untuk melestarikan dan memperkenalkan kebudayaan Betawi kepada generasi muda.
 
Dia mengaku kagum atas kreativitas dan bakat para siswa dalam menampilkan tarian kreasi Betawi yang telah mereka persiapkan dengan penuh dedikasi.
 
"Acara ini tidak hanya menjadi kesempatan bagi para siswa untuk menunjukkan kebolehan mereka, tetapi juga sebagai upaya bersama dalam melestarikan warisan budaya Betawi yang kaya dan beragam," kata Andira.

Baca juga: 58 siswa SMP di Jaksel kenalkan budaya Lampung ke Spanyol dan Jepang
 
Dia juga berterima kasih atas partisipasi dari seluruh pihak yang telah berkontribusi dalam penyelenggaraan acara, baik para finalis, dewan juri, dan koordinasi dengan Dinas Kebudayaan dan Dinas Pendidikan.
 
Andira berharap agar acara ini dapat menjadi inspirasi bagi siapapun untuk terus mencintai dan menjaga kebudayaan Betawi.
 
"Dengan semangat kebersamaan dan cinta terhadap budaya lokal, kita berharap Jakarta terus berkembang menuju Kota Global yang modern dengan tetap menjaga dan melestarikan warisan budaya yang ada," tuturnya.
 
Perlombaan tari itu sudah dimulai sejak Mei 2024 dengan 33 peserta dari berbagai sekolah dasar. Setelah melalui proses penjurian yang ketat oleh dewan juri, terpilih 12 finalis terbaik yang tampil dalam Malam Puncak Final.

Baca juga: Mahasiswa UI-warga Laos kolaborasi bawakan tarian Betawi di KBRI Laos
 
Yakni SD Srengseng 06, SDIT Almaka, SD Menteng 01, SDN Menteng 02, SD Kreativitas Anak Indonesia, SDI Dwi Mantra dan SDN Gunung 05. Lalu SD Manggarai 01, SDN Kalibata 11, SDN Pinang Ranti, SDN Utan Kayu Selatan 13 Pagi dan SDN Sunter Agung 09.
 
Setelah melakukan rekapitulasi penghitungan penilaian, Sarana Jaya didampingi oleh dewan juri mengumumkan Pemenang Utama Lomba Tari Cipta Kreasi Betawi diberikan kepada SDI Dwi Matra (Jakarta Selatan).
 
Selanjutnya untuk Juara II oleh SDN Sunter Agung 09 (Jakarta Utara), Juara III oleh SDN Pinang Ranti 07 (Jakarta Timur), Juara Harapan I kepada SD Kreativitas Anak Indonesia (Jakarta Selatan) dan Juara Harapan II kepada SDIT Almaka (Jakarta Barat).

Juara Harapan III SDN Srengseng 06 (Jakarta Barat) dan Juara Favorit yang telah dipilih melalui Instagram adalah SD Kreativitas Anak Indonesia (Jakarta Selatan).

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2024